Doa Menyembuhkan Penyakit Diri Sendiri yang Pernah Dicontohkan Rasulullah

Lusiana Mustinda - detikNews
Rabu, 16 Des 2020 15:41 WIB
Silhoutte of muslim woman praying during fasting holy month of ramadan
Foto: iStock
Jakarta -

Doa menyembuhkan penyakit diri sendiri pernah dicontohkan Rasulullah SAW. Dikutip dalam buku "Panduan Praktis Doa & Dzikir Sehari-hari" oleh Abduh Zulfidar Akaha, apabila Rasulullah SAW merasa sakit atau tidak enak badan, beliau membaca tiga surat terakhir dari Al-Qur'an yaitu Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Naas.

Aisyah Radhiyallahu' Anha berkata: "Bahwasanya apabila Rasulullah SAW merasa sakit, beliau membaca Al-Mu'awwidzatain untuk dirinya, lalu mengusapkan di badan-nya dengan tangannya." (HR Al-Bukhari dan Muslim).

Rasulullah SAW mengajarkan doa yang dibaca oleh mereka sambil memegang bagian tertentu pada tubuh yang terasa sakit.

Berikut ini doa yang dianjurkan berdasarkan riwayat oleh Imam Muslim:

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillāh, (dibaca 3 kali)
Artinya, "Dengan nama Allah."

أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

A'ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru, (dibaca 7 kali).

Artinya, "Aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari keburukan apa yang kurasakan dan kukhawatirkan."


Dikutip dari Riyadhush Shalihin karya Imam An Nawawi dalam bab Kitab orang sakit dan jenazah, suatu ketika Abu Abdilllah Utsman bin Abu al-Ash mengadukan ke Rasulullah SAW tentang sakitnya. Rasulullah SAW kemudian mengajarkan amalan dan doa menyembuhkan penyakit diri sendiri.

Cerita itu kemudian diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Muslim.

وروينا في صحيح مسلم رحمه الله، عن عثمان بن أبي العاص رضي الله عنه، أنه شكا إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وجعا يجده في جسده، فقال له رسول الله صلى الله عليه وسلم ضَعْ يَدَك عَلَى الَّذِي تَأْلَمُ مِنْ جَسَدِك، وَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ ثَلَاثًا، وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاَللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya, "Diriwayatkan kepada kami dalam Shahih Muslim rahimahullah, dari Utsman bin Abil 'Ash RA bahwa ia mengadu kepada Rasulullah SAW perihal penyakit yang ia rasakan pada tubuhnya. Rasulullah SAW lalu mengatakan kepadanya, 'Letakkan tanganmu pada bagian tubuhmu yang dirasa sakit. Bacalah tiga kali, 'Bismillāh.' Lalu bacalah tujuh kali, 'A'ūdzu billāhi wa qudratihī min syarri mā ajidu wa uhādziru (Aku berlindung kepada keagungan dan kekuasaan Allah dari segala kejelekan apa yang aku dapatkan dan apa yang aku takutkan."

Hadits tentang doa menyembuhkan penyakit diri sendiri di atas juga disebutkan Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar.



(lus/erd)