4 Doa Terhindar dari Wabah dan Penyakit yang Diajarkan Rasulullah SAW

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 19 Nov 2020 09:41 WIB
ilustrasi sakit
Foto: iStock/Doa Terhindar dari Wabah dan Penyakit yang Dibaca Rasulullah SAW
Jakarta -

Doa terhindar dari wabah dan penyakit bisa senantiasa dipanjatkan di saat pandemi COVID-19 atau virus corona tengah melanda dunia. Sebab doa merupakan salah satu wujud ibadah dan menjalankan perintah Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda sebagaimana diriwayatkan dari Anas bin Malik dalam hadits Imam At Tirmidzi:

الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ

"Doa adalah intinya (otak) ibadah."

Syekh Nawawi Al-Bantani dalam Kitab Maraqi Al-'Ubudiyyah menjelaskan, doa merupakan salah satu wujud bahwa seorang hamba benar-benar menjalankan perintah Allah SWT. Sebagaimana Allah SWT berfirman di dalam Al Quran surat Al Mukmin ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ


"Dan Rabbmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Doa menurut Syekh Nawawi Al-Bantani juga merupakan wujud bahwa manusia hanya meminta kepada Allah SWT bukan kepada selain Allah. Disebutkan dalam hadits riwayat Imam At-Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda:

"Doa itu mendatangkan manfaat atas sesuatu yang sudah atau yang belum diturunkan Allah. Tak ada yang dapat menolak qadha (ketetapan Ilahi), kecuali doa yang mustajab (terkabul)."

Melalui doa, umat Islam berharap agar terhindar dari wabah dan penyakit, termasuk virus Corona. Berikut ini doa agar terhindar dari wabah penyakit beserta artinya dikutip dari HaiBunda.com.

1. Doa Ruqyah

Doa ruqyah bisa digunakan sebagai doa terhindar dari wabah dan penyakit. Rasulullah SAW sendiri membaca salah satu doa menghilangkan penyakit ketika meruqyah sahabatnya.

Arab: امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Latin: Imsahil ba'sa rabban nasi. Bi yadikas syifa'u. Lā kasyifa lahu illa anta.

Artinya: Tuhan manusia, sapu lah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau.

2. Doa Ketika Sedang Sakit

Saat ini penyakit sedang menyebar di mana-mana. Maka, ketika tubuh telah terserang sakit, ada doa yang bisa dibaca, seperti di bawah ini

Arab: اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Latin: Allahumma rabban nasi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syafi. Lā syafiya illa anta syifa'an la yughadiru saqaman.

Artinya: Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkan lah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.


Sahabat hikmah detikcom juga bisa membaca 4 Doa Minta Kesembuhan Penyakit di sini.

Berikutnya Doa Agar Diberi Kesehatan

Selanjutnya
Halaman
1 2