Live! Anies Baswedan Bicara di International Plenary Discussion

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 08:00 WIB
JDCN
Foto: detikcom
Jakarta -

Apa yang sekiranya bisa kamu lakukan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang lebih maju dan juga mampu menghadapi segala tantangan? Tentunya berbagai cara dari A sampai Z bisa dilakukan. Namun hal itu akan urung terwujud tanpa adanya amplifikasi Jakarta 4.0 yaitu sebuah kota kolaborasi partisipasi seluruh elemen masyarakat dan stakeholder terkait.

Hal itulah yang coba dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta dan Jakarta Experience Board dengan konsep kolaborasi bernama Jakarta Development Collaboration Network (JDCN). Kolaborasi ini merupakan sebuah forum yang menyatukan perbedaan dengan satu misi yakni memajukan Jakarta.

Forum ini dirancang sebagai wadah bagi kolaborator atau co-creator yang akan dihelat pertama kalinya secara virtual di berbagai platform. Mengangkat tema 'Collaboration: Redefining our Future', forum ini akan melibatkan banyak elemen masyarakat dan ahli dalam mendefisinikan semangat kolaborasi dalam menghadapi disrupsi selama dan pasca pandemi COVID-19.

Forum yang berlangsung pada 17 & 18 Desember ini akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Di hari pertama, akan ada paparan dari beberapa narasumber dalam sesi Community Talks. Pada sesi ini beberapa narasumber yang ahli di bidangnya akan memberikan pandangannya terkait isu-isu hangat yang saat ini tengah terjadi di Jakarta, dan bagaimana kolaborasi bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan tuntas.

Pada hari kedua, Anies Baswedan juga akan memberikan beberapa insight soal Jakarta pada sesi International Plenary Discussion: Mayors Talk & Experts Talk di hari ke 2. Tak cuma itu saja, di rangkaian hari kedua forum ini beberapa wali kota dari luar negeri seperti Wali Kota Berlin Michael Muller dan Wali Kota Istanbul Ekrem Imamoglu yang akan berbagi cara dalam memajukan kotanya masing-masing.

Masih di hari kedua akan ada juga beberapa narasumber dari luar negeri dengan topik-topik yang pastinya menarik untuk dikupas secara tuntas. Sebut saja, cara ekonomi dan sosial suatu negara dapat kembali bergairah usai dilanda resesi, dan pembahasan menarik lainnya.

Pemprov DKI juga akan memberikan penghargaan kepada pemenang lomba yang digelar sebelumnya dan juga apresiasi kepada semua insan yang telah berkolaborasi untuk membantu sesama di level nasional hingga internasional dalam Jakarta Award & JDCN Lifetime Achievement.

Acara ini juga bisa disaksikan langsung di detikcom, website jdcn.plusjakarta.com, YouTube CNN Indonesia dan Pemprov DKI.

(ega/ega)