Pemprov Gelar JDCN Forum 2020 Ajak Kolaborasi Warga Bangun Jakarta

Nurcholis Maarif - detikNews
Senin, 07 Des 2020 18:49 WIB
JDCN
Foto: Screenshot/detikcom
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dengan Jakarta Experience Board menggelar Jakarta Development Collaboration Network (JDCN) Forum 2020. Program ini dibuat untuk mengangkat cerita kolaborasi di Jakarta dalam satu forum. Acara yang digelar pada 17-18 Desember ini akan diisi dengan pameran dan bincang komunitas hingga penghargaan +Jakarta.

Deputi Gubernur DKI Jakarta, Suharti Sutar mengatakan ajang ini merupakan arahan Gubernur Anies Baswedan dan Pemprov DKI yang tidak hanya ingin menjadi pelayan, tetapi kolaborator dalam pembangunan Jakarta.

"Sudah banyak kolaborasi yang dilakukan antar-warga maupun dengan pemprov, baik sebelum pandemi maupun saat pandemi. Sebelum pandemi seperti Dapur Qurban, Open air Concert di Monas, Christmas Carol, membangun kampung bersama warga, membangun taman bersama warga, dan Dasawisma, Data mutakhir warga untuk warga," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Senin (7/12/2020).

Adapun kolaborasi yang terjadi saat pandemi seperti 212 kolaborator Logistik Jakarta Tanggap Corona, kolaborasi untuk tenaga medis berupa akomodasi, transportasi dan pangan yang khusus serta sebanyak 135 kolaborator bergabung dalam Kolaborasi Sosial Berskala Besar.

Suharti juga mengatakan gelaran yang mengambil tema Collaboration: Redefining Our Future ini bertujuan sebagai salah satu bentuk sosialisasi paradigma City 4.0 yang menekankan pentingnya kolaborasi dalam membangun Jakarta. Dengan harapan, bisa memberikan inspirasi dan menstimulasi masyarakat untuk terus berkolaborasi nyata.

"Oleh karena itu, semangat kolaborasi melalui kegiatan JDCN Forum ini menjadi pesta perayaan untuk mendorong kolaborasi nyata dan lebih banyak lagi. JDCN Forum juga diharapkan akan diadakan setiap tahun walau di masa mendatang akan dengan format yang berbeda," ujarnya.

"JDCN Forum 2020 berupaya untuk memfasilitasi masyarakat untuk membahas ide-ide baru agar dapat diimplementasikan dengan nyata di kehidupan sehari-hari," imbuhnya.

Sebagai informasi, terdapat beberapa rangkaian acara menuju JDCN Forum seperti kompetisi citizen collaboration dairy, pameran dan bincang komunitas, dan mengenal lebih jauh +Jakarta. Puncaknya diskusi kebijakan dan pleno internasional yang membahas masalah perkotaan, terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Bincang komunitas menghadirkan diskusi berbagai sektor dalam perkotaan, seperti transportasi, seni dan budaya, teknologi, masyarakat urban, dan lain sebagainya. Acara ini diisi berbagai narasumber yang ahli di bidangnya masing-masing.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan direncanakan akan membuka acara dan menjadi keynote speaker dalam pleno internasional bersama Wali Kota Berlin, Michael Muller dan Wali Kota Rotterdam, Ahmad Aboutaleb serta pakar perkotaan dunia lainnya.

Selain itu, di puncak acara akan ada +Jakarta Award. Ini untuk mengapresiasi warga atau perkumpulan yang aktif melakukan kolaborasi di lingkungan Jakarta atau nasional dalam kategori Environmental Resilience, Innovation and Technology, Equality and Empowerment, Art and Culture, dan COVID-19 Collaborative Response.

(prf/ega)