Raih Proper Emas, Dirut Pupuk Kaltim: Keseimbangan Itu Penting Dijaga

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 11:34 WIB
Pupuk Kaltim raih Proper Emas ke-4 dari KLHK
Foto: Pupuk Kaltim
Jakarta -

Untuk keempat kalinya, Pupuk Kaltim kembali mempertahankan Proper Nasional Peringkat Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), atas komitmen tata kelola lingkungan dan pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan. Penghargaan tersebut diterima Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi di Jakarta.

Rahmad Pribadi mengatakan komitmen tata kelola lingkungan dan pemberdayaan masyarakat dalam menjalankan aktivitas bisnis perusahaan menjadi fokus utama Pupuk Kaltim. Hal ini kemudian direfleksikan melalui kebijakan dan program strategis dengan peningkatan dan perbaikan setiap tahunnya.

Diakui Rahmad, dalam lima tahun terakhir, kinerja Pupuk Kaltim memperbaiki kualitas lingkungan lewat beragam inovasi mampu menghemat energi, seperti reduksi gas rumah kaca, reduksi timbulan limbah dan penghematan air.

Begitu pula dengan kontribusi Pupuk Kaltim terhadap keanekaragaman hayati yang dilaksanakan melalui sejumlah program, mulai dari reintroduksi anggrek hitam sebagai tanaman endemik Kalimantan, pembibitan jenis tanaman langka, konservasi rusa sambar, penanaman mangrove hingga penurunan 500 terumbu buatan setiap tahun.

Tidak hanya itu, lanjutnya, Pupuk Kaltim juga konsisten untuk meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk dukungan terhadap pencapaian 17 indikator tujuan pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

"Implementasi SDGs dalam proses bisnis Perusahaan merupakan salah satu komitmen Pupuk Kaltim, yang direalisasikan pada berbagai kebijakan dan program kerja yang terkait dengan perlindungan lingkungan hidup," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (14/12/2020).

Bahkan, beberapa program Pupuk Kaltim terkait implementasi SDGs telah menunjukkan hasil yang signifikan, baik untuk menjaga lingkungan dan pesisir maupun tingkat kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut Rahmad memaparkan, atas upaya tersebut mampu mengantarkan Pupuk Kaltim memperoleh penghargaan, tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga Internasional. Di antaranya perusahaan pertama di Indonesia yang meraih Appreciation for Maintaining Grand Platinum, peringkat tertinggi SNI Awards dari Badan Standardisasi Nasional, penghargaan Lighthouse Industry 4.0 dari Kemenperin atas dukungan implementasi Making Indonesia 4.0, serta International Fertilizer Association (IFA) Green Leaf Award 2020.

Di samping itu, Pupuk Kaltim juga mampu bersaing dengan berbagai perusahaan besar dunia, melalui predikat World Class dalam ajang Global Performance Excellence Awards (GPEA), berdasarkan Baldrige Excellent Framework (BEF) yang mengklasifikasikan Pupuk Kaltim sebagai salah satu Industry Leader Tanah Air.

"Begitu juga untuk Propernas Emas ke-4 tahun ini, sebagai wujud nyata kontribusi Pupuk Kaltim terhadap tata kelola lingkungan dan ekosistem, termasuk pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan, yang didukung inovasi di berbagai bidang," imbuhnya.

Atas diraihnya penghargaan ini, Rahmad memastikan ke depan aspek lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih optimal dalam aktivitas bisnis Pupuk Kaltim akan terus menjadi bagian kontribusi, sekaligus manfaat keberadaan Pupuk Kaltim di tengah masyarakat. Diharapkan nantinya keseimbangan antara profit, people dan planet sebagai salah satu misi Pupuk Kaltim dapat dijalankan dengan lebih maksimal.

"Pupuk Kaltim percaya keseimbangan itu penting untuk dijaga dan dijalankan, utamanya aktivitas bisnis yang tidak abai terhadap lingkungan dan masyarakat. Hal ini menjadi komitmen Pupuk Kaltim untuk terus ditingkatkan ke depannya," pungkasnya.

(akn/ega)