Banjir di Medan Maimun Surut, Aktivitas Warga Kembali Normal

Ahmad Arfah - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 11:27 WIB
Banjir di Medan Maimun Surut, Aktivitas Warga Kembali Normal
Banjir di Medan Maimun Surut (Arfah/detikcom)
Medan -

Banjir yang sempat melanda Gang Merdeka, Medan Maimun, Kota Medan, sudah surut. Warga yang berada di lokasi itu pun terlihat sudah beraktivitas dengan normal.

Pantauan detikcom pada Selasa (15/12/2020), pukul 10.50 WIB, terlihat warga mulai melakukan aktivitas seperti berjualan hingga bersantai dan bercengkerama di depan rumah. Jalan-jalan yang ada di sekitar wilayah ini juga sudah terlihat bersih dari material banjir.

Seorang warga, Dodi, mengatakan banjir memang sempat terjadi sejak Sabtu (12/12). Namun banjir sudah surut pada Minggu (13/12) siang.

"Hari Sabtu mulai naik airnya, tapi Minggu siang sudah surut," kata Dodi kepada wartawan.

Banjir di Medan Maimun Surut, Aktivitas Warga Kembali NormalBanjir di Medan Maimun Surut, Aktivitas Warga Kembali Normal (Arfah/detikcom)

Dodi mengatakan warga yang berada di lokasi memang sudah bersiap jika terjadinya banjir. Persiapan yang dilakukan itu seperti menaikkan barang yang ada di rumah ke tempat yang lebih tinggi.

Dia menjelaskan, belum ada alat untuk mendeteksi akan terjadinya banjir di wilayah mereka. Jika akan terjadi banjir, kata Dodi, biasanya akan diumumkan melalui masjid.

"Biasanya kalau air naik diumumkan di masjid yang paling dekat sama sungai. Baru bersiap-siap, naikkan barang dan lain-lain," jelasnya.

Warga lainnya Halimah mengatakan tidak ada barang-barang miliknya yang rusak akibat banjir. Dia berharap banjir yang kerap terjadi di wilayahnya dapat diatasi.

"Tidak ada (barang rusak). Harapannya paling biar nggak banjir lagi aja," jelas Halimah.

(knv/knv)