KPK Panggil 4 Eks Komisaris PT DI sebagai Saksi Tersangka Budiman Saleh

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 15 Des 2020 11:25 WIB
KPK menetapkan Direktur Utama PT PAL (Persero), Budiman Saleh sebagai tersangka baru kasus dugaan korupsi di PT Dirgantara Indonesia.
Budiman Saleh tersangka korupsi di PT DI. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK memanggil sejumlah mantan pejabat PT Dirgantara Indonesia (Persero) terkait kasus dugaan korupsi di perusahaan pelat merah itu. Eks pejabat PT DI itu dipanggil sebagai saksi dari tersangka Direktur Utama PT PAL Indonesia (Persero) Budiman Saleh.

"Mereka dipanggil sebagai saksi untuk tersangka BS (Budiman Saleh)," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (15/12/2020).

Berikut ini 4 mantan Komisaris PT DI yang dipanggil KPK:
1. Subandrio, mantan Komisaris Utama PT DI tahun 2008-2011 (Pensiunan TNI)
2. Binsar H Simanjuntak, mantan Komisaris PT DI tahun 2012-2013
3. Slamet Senoadji, mantan Komisaris PT DI tahun 2013-2014
4. Ida Bagus Putu Dunia, mantan Komisaris Utama PT DI tahun 2013-2015

Selain memanggil 4 mantan Komisaris PT DI, KPK memanggil Kadiv Perbendaharaan PT DI Dedy Iriandy. Dedy juga dipanggil sebagai saksi untuk tersangka Budiman Saleh.

Seperti diketahui, KPK menetapkan tiga orang sebagai tersangka baru terkait kasus dugaan korupsi di PT DI. Ketiganya dijerat sebagai tersangka dalam pengembangan kasus.

Tiga orang itu adalah Kepala Divisi Pemasaran dan Penjualan PT DI pada 2007-2014 dan terakhir menjabat Direktur Produksi PT DI pada 2014-2019 Arie Wibowo (AW), Direktur Utama PT Abadi Sentosa Perkasa Didi Laksamana (DL), dan Dirut PT Selaras Bangun Usaha Ferry Santosa Subrata (FSS).

Pada Kamis (22/10), KPK juga menetapkan Direktur Utama PT PAL (Persero) Budiman Saleh sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di PT DI. Budiman menerima kuasa dari eks Dirut PT DI Budi Santoso untuk menandatangani perjanjian dengan mitra penjualan yang disebut fiktif itu.

Selanjutnya soal perkara korupsi PT DI.