Viral Primata Owa Diadu dengan Anjing di Rumah Kapolres Pelalawan

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 14 Des 2020 18:37 WIB
Jakarta -

Video seekor primata owa diadu dengan anjing viral di media sosial (medsos). Disebutkan owa tersebut mati beberapa hari kemudian.

Peristiwa adu owa diadu dengan anjing itu disebutkan terjadi di rumah Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko. Di dalam video yang beredar di medsos, terlihat owa tersebut dipegang seorang laki-laki yang duduk.

Owa itu lalu disodorkan ke arah anjing pudel berwarna cokelat yang ada di depannya. Terlihat owa tersebut meraih-raih anjing pudel yang ada di depannya.

Sementara itu, anjing pudel berlari-larian bermain dengan owa tersebut. Anjing tersebut sempat juga didorong ke arah owa. Beberapa hari kemudian, owa tersebut akhirnya mati.

"Matinya ya karena sakit. Waktu didapat dalam karung itu kan kondisi parah, luka di tangan dan pahanya. Itu yang menurut dokternya membuat daya tahan tubuhnya kecil," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Sunarto, kepada wartawan, Senin (14/12/2020).

Sunarto menjelaskan awalnya primata tersebut ditemukan seorang anggota Polri di tepi Jalan Kualo Pelalawan pada Selasa (1/12) sore. Saat itu primata ada di dalam karung yang terikat.

"Dan setelah ikatan karung tersebut dibuka, ternyata isinya hewan sejenis kera (yang bersangkutan belum mengetahui jenisnya) dalam keadaan sekarat dan terluka parah pada di tangan serta pahanya," kata Sunarto.

Dia mengatakan primata tersebut lalu dibawa ke Kapolres Pelalawan. Primata tersebut sempat dibawa ke dokter hewan. Namun empat hari setelah ditemukan, satwa dilindungi tersebut akhirnya mati.

"Kapolres memerintahkan anggota tersebut untuk segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan pertolongan atau pengobatan. Diberikan pertolongan medis dan pengobatan oleh dokter dan dibawa kembali. Tanggal 3 Desember, hewan tersebut dibawa lagi ke dokter hewan untuk pengobatan. Namun akhirnya hewan tersebut meninggal karena sakit yang dideritanya pada tanggal 5 Desember," ungkap dia.

Dia membantah owa tersebut diadu dengan anjing. Dia mengatakan momen owa dihadapkan dengan anjing adalah upaya menghibur primata tersebut.

"Maksudnya diajak bermain untuk memberikan semangat dan lekas sehat itu," kata dia.

(jbr/idh)