Bule Nyebur-Buang Motor ke Laut Bisa Dideportasi? Ini Kata Kumham Bali

Angga Riza - detikNews
Senin, 14 Des 2020 14:27 WIB
Turis ceburkan motor ke laut di pelabuhan Tanah Ampo
Aksi sepasang bule Rusia menceburkan diri dan buang motor di Pelabuhan Tanah Ampo. (Foto: Instagram)
Denpasar -

Video sepasang turis di Bali menceburkan diri di laut bersama dengan motor yang dikendarainya viral di media sosial. Banyak pihak yang mengecam tindakan tersebut karena membahayakan sekaligus juga berpotensi mencemari lingkungan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Bali, Jamaruli Manihuruk, mengaku masih menunggu laporan terkait aksi turis tersebut asal Rusia tersebut.

"Kita selalu melakukan pengawasan tapi ya kita menunggu laporannya, itu kalau di Karangasem ya," kata Jamaruli kepada wartawan, Senin (14/12/2020).

Jamaruli mengaku akan mempelajari permasalahan yang dilakukan kedua turis tersebut. Apakah turis tersebut bisa dideportasi?

"Tergantung kesalahannya, kalau memang dia layak kita deportasi atau layak ke pengadilan ya kita lihat kesalahannya. Kita belum tahu sampai sejauh mana," ujar Jamaruli.

Sebelumnya diberitakan, sepasang turis di Bali yakni pemilik akun Instagram @sergey_kosenko dan @alina_oshutinskaya menceburkan diri ke laut bersama motor yang dikendarainya. Aksinya tersebut dilakukan di Pelabuhan Tanah Ampo, Karangasem, Bali, Kamis (10/12) lalu.

Video yang diunggah juga sempat heboh di dunia maya. Kini polisi telah melakukan penelusuran keberadaan kepada kedua turis tersebut.

Selanjutnya
Halaman
1 2