Round-Up

Upaya Hukum HRS 'Lawan' Kasus Penghasutan Kerumunan Petamburan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Des 2020 05:01 WIB
Habib Rizieq Shihab tiba di Polda Metro Jaya sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan. Setiba di Polda Metro Jaya, ia sempat mengacungkan jempol.
Habib Rizieq Shihab. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Habib Rizieq Shihab (HRS) ditahan penyidik Polda Metro Jaya setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka penghasutan dalam kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Hari ini, rencananya pengacara HRS bakal mengupayakan permohonan praperadilan.

Habib Rizieq ditetapkan sebagai tersangka kasus kerumunan bersama lima orang. Pada Sabtu (12/12) kemarin, Habib Rizieq menjalani pemeriksaan selama kurang-lebih 12 jam. Dan di malam harinya, Imam Besar FPI itu keluar dari ruang pemeriksaan dengan tangan diborgol menggunakan cable ties dan memakai rompi tahanan berwarna oranye.

Tim pengacara pun bergerak menyiapkan sejumlah langkah hukum, salah satunya dengan mengajukan permohonan praperadilan. Tujuan praperadilan ini adalah meminta pengadilan negeri menentukan sah atau tidaknya penahanan, penangkapan, ataupun penetapan HRS sebagai tersangka. Hal ini pun telah diatur melalui KUHAP.

"Satu upaya praperadilan atas penetapan tersangka, penangkapan, dan penahanan HRS," kata pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, saat dihubungi, Minggu (13/12/2020).

Rencananya permohonan praperadilan akan diajukan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan hari ini.

Aziz tidak merinci waktu pengajuan berkas tersebut. Yang jelas, praperadilan menjadi salah satu langkah yang diambil pihak Habib Rizieq setelah penetapan tersangka dan penahanan Habib Rizieq.

"Rencana praperadilan habib hari Senin," ujar Aziz.

Dia berharap praperadilan ini dapat mengeluarkan Habib Rizieq dari segala ancaman pidana.

"Praperadilan soal penetapan tersangka, penahanan, dan penangkapan. Supaya habib bisa keluar," tuturnya.

Selain mengajukan praperadilan, Habib Rizieq akan mengajukan permohonan penangguhan penahanan kepada penyidik Polda Metro Jaya.

"Upaya permohonan penangguhan," sebutnya.

Tonton video 'Habib Rizieq Ditahan, Kuasa Hukum Siap Ajukan Praperadilan':

[Gambas:Video 20detik]



Ada dua politikus siap menjamin penangguhan penahanan Habib Rizieq. Siapa Saja?

Selanjutnya
Halaman
1 2