Cara Daftar Akun LTMPT untuk SNMPTN, SBMPTN, dan UTBK 2021

Rosmha Widiyani - detikNews
Sabtu, 12 Des 2020 12:59 WIB
Cara daftar akun LTMPT
Foto: LTMPT/Cara daftar akun LTMPT
Jakarta -

Setiap pelajar kelas XII yang ingin mendaftarkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri harus memiliki akun LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Setelah memiliki akun LTMPT, pelajar yang telah lulus kelas XII bisa mendaftar perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN maupun UTBK 2020.

Akun LTMPT menjadi syarat pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa atau PDSS, sebelum mendaftar di berbagai peluang masuk universitas. PDSS adalah basis data rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang bisa mendaftar.

PDSS yang bisa diisi setelah registrasi akun LTMPT, menyediakan ruang bagi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak boleh daftar PDSS.

Data dalam PDSS diisi sekolah dengan kebenaran data menjadi tanggung jawab kepala sekolah. Untuk membedakan tahun ajaran dan tingkat yang sama, LTMPT menggunakan perbedaan kurikulum semester ganjil dan genap.

"Pengisian PDSS, pendaftaran SNMPTN, dan pendaftaran UTBK-SBMPTN harus memiliki akun di LTMPT," begitu bunyi keterangan LTMPT seperti dikutip dari laman resminya yang dilihat detikcom pada Sabtu (12/12/2020).

A. Cara daftar akun LTMPT

1. Klik link berikut https://portal.ltmpt.ac.id

2. Pilih akun "siswa" kemudian isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir

3. Login dengan username atau email dan password ke situs https://portal.ltmpt.ac.id

4. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa

5. Isi biodata, upload pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata siswa.

B. Jadwal daftar akun LTMPT

LTMPT telah menetapkan jadwal registrasi dan pendaftaran akun yang akan digunakan untuk pengisian PDSS, SNMPTN, dan UTBK-SBMPTN 2021.

1. Untuk PDSS dan SNMPTN 2021

Jadwal registrasi atau pendaftaran akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN 2021 adalah 4 Januari-1 Februari 2021. Pengaturan ini berlaku untuk lulusan 2021 dan yang akan mengikuti SNMPTN.

2. Untuk UTBK-SBMPTN

Untuk calon peserta UTBK-SBMPTN, jadwal registrasi atau daftar akun LTMPT adalah 7 Februari-12 Maret 2021. UTBK-SBMPTN adalah jalur seleksi lain yang ditempuh siswa untuk mendapat pedidikan di universitas.

(row/erd)