Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2020 dan Tips Agar UTBK Lancar

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 04 Jul 2020 22:05 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) SNMPTN 2019 (Luthfy Syahban/detikcom)
Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2020 dan Tips Agar UTBK Lancar (Luthfy Syahban/detikcom)
Jakarta -

Bagi detikers yang akan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maka wajib untuk selalu mengikuti informasi mengenai jadwal pendaftaran SBMPTN 2020. Karena selain mempersiapkan dengan belajar, detikers juga harus tahu dengan jelas kapan waktu pelaksanaannya. Dengan begitu, kamu bisa mengikuti setiap prosesnya dengan tepat waktu dan tidak ketinggalan yang bisa membuat kamu kecewa berat untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri yang diimpikan.

Sering Mengunjungi Laman LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memiliki peran yang sangat besar sebagai lembaga yang menyelenggarakan tes bagi mahasiswa yang akan mendaftar di perguruan tinggi. Baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Oleh karena itu, penting sekali bagi detikers untuk selalu memantau dari setiap perkembangan informasi tes yang dikeluarkan.

Usahakan untuk sesering mungkin mengakses laman ltmpt.ac.id atau di laman perguruan tinggi negeri pusat UTBK agar detikers bisa selalu update dengan semua informasinya. Dengan selalu mengecek informasi di laman tersebut, maka jika sewaktu-waktu terdapat perubahan jadwal atau penambahan prosedur baru, detikers bisa langsung mengetahui dan mempersiapkannya.

Apalagi proses jadwal pendaftaran SBMPTN 2020 ini pelaksanaannya bersamaan dengan adanya pandemi Covid-19 yang tentu saja prosedur tambahan pun juga turut dikeluarkan. Di mana tidak hanya selalu update informasi dan belajar dengan giat, tetapi juga mempersiapkan kesehatan yang prima untuk bisa mengikuti setiap rangkaian pendaftaran yang sudah ditetapkan. Di mana para peserta diharuskan juga untuk mengikuti protokol kesehatan sebelum masuk di pusat UTBK SBMPTN dengan mengenakan masker dan wajib untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

Tips Agar Lancar Dalam Mendaftar UTBK SBMPTN

Kesalahan kecil saja di dalam mendaftar SBMPTN, maka akan sangat berpengaruh pada keberhasilan detikers di dalam mendapatkan perguruan tinggi negeri yang diimpikan. Bahkan walaupun berupa hal-hal sederhana saja, namun tetap menuntut ketelitian detikers ketika mengurus prose pendaftaran dari UTBK SBMPTN tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa detikers gunakan agar pendaftaran bisa berjalan dengan lancar.

1. Pastikan Untuk Memasukkan NISN Dan NPSN Dengan Benar

Walaupun terlihat sepele hanya memasukkan beberapa digit angka yang berupa NISN dan NPSN, namun tetap saja harus dilakukan dengan teliti. Jangan sampai ada yang salah, kurang, maupun lebih. Karena kedua nomor ini adalah nomor penting. Jika detikers lupa dengan NPSN-nya, maka bisa langsung mengecek di laman referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php. Tetapi terkadang sistem juga bisa mengalami masalah. Namun, detikers tidak perlu khawatir dan teruslah untuk mencoba sampai berhasil.

2. Perhatikan Kerapian Pada Pas Foto

Jangan lupa untuk memperhatikan kerapian pada pas foto detikers. Selain itu pastikan juga bahwa foto yang digunakan adalah foto berwarna dan bukan foto hitam putih. Jika detikers salah dalam menggunakan foto, maka secara otomatis sistem akan menolaknya.Dan akan lebih baik saat detikers berfoto adalah dengan menggunakan seragam sekolah maupun kemeja yang tertata dan terkancing dengan rapi. Hindari untuk menggunakan pakaian yang berupa kaos karena terkesan tidak formal.

3. Gunakan Email Yang Aktif

Email menjadi sangat penting karena detikers akan diminta untuk memasukkan email yang aktif berikut dengan password-nya. Dengan adanya email tersebut, detikers nantinya akan mendapatkan konfirmasi email agar bisa mengaktifkan akun. Jadi, pastikan jika email yang kamu gunakan sudah pasti aktif. Agar tidak kelupaan, detikers bisa mencatat alamat email dan password untuk berjaga-jaga.

4. Melalui Proses Pendaftaran

Pastikan jika detikers mengetahui informasi mengenai jadwal pendaftaran sbmptn 2020. Akan lebih baik jika detikers bisa mendaftarnya seawal mungkin untuk bisa dengan bebas memilih waktu dan sesi ujian. Dan pastikan jika semuanya sudah benar, karena jika detikers sudah membayarnya maka sudah tidak bisa untuk diubah kembali. Jalani setiap proses pendaftarannya dengan teratur dan jangan lupa untuk segera membayar sebelum durasinya habis.

Jadi, selalu pastikan untuk mengetahui informasi mengenai jadwal pendaftaran sbmptn 2020 beserta dengan semua persyaratannya yang detikers penuhi dengan teliti agar proses ke depannya tetap lancar.

(erd/erd)