Beredar Foto Soal Ujian Sekolah Singgung Anies-Mega, Kemdikbud Selidiki

Matius Alfons - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 20:15 WIB
Poster
Ilustrasi viral di medsos (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Beredar foto soal ujian sekolah berisi konten yang menyebut nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan nama Mega. Foto itu tersebar di media sosial hingga jejaring grup WhatsApp (WA) warga. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tengah menyelidiki soal tersebut.

"Kami sedang mengonfirmasi," kata Dirjen PAUD-Dikdasmen Kemdikbud Jumeri saat dihubungi, Jumat (11/12/2020).

Jumeri mengatakan pihaknya tengah mencari tahu kebenaran gambar soal ujian sekolah tersebut ke pihak-pihak terkait. Menurutnya, soal ujian sekolah tidak boleh bermuatan hal-hal berbau politik seperti itu.

"Mestinya dihindari," ucap Jumeri.

Informasi terkait soal ujian yang berisi konten nama Anies Baswedan dan Mega tersebut beredar dan ramai dibahas di media sosial Twitter hingga grup WhatsApp masyarakat. Terlihat ada dua soal ujian dengan jawaban pilihan ganda.

Kedua soal tersebut mengandung nama-nama pejabat politik, salah satunya Anies. Salah satu soal bahkan menyinggung nama Mega yang disebut selalu mengejek Anies.

Pada jawaban kedua soal tersebut digambarkan Anies sebagai sosok yang 'amanah' dan 'sabar'. Meski demikian, belum jelas soal tersebut dibuat oleh pihak sekolah atau bukan. detikcom sudah berupaya menghubungi Dinas Pendidikan DKI, namun hingga berita ini dibuat pihak terkait juga belum memberi jawaban.

Terlihat, foto itu merupakan potret dari layar monitor komputer jinjing yang menampilkan soal pilihan ganda.

(maa/dnu)