Anies Ingatkan Peran Ibu Ajarkan Kebiasaan Baru di Tengah Pandemi

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 16:23 WIB
Anies Baswedan (Dok. Screenshot).
Foto: Anies Baswedan (Dok. Screenshot).
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan peran ibu sangat penting di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Pasalnya, Anies menyebut saat ini telah terjadi perubahan baru dalam keseharian di lingkungan tentang kebiasaan-kebiasaan yang harus dilakukan.

Hal itu disampaikan Anies dalam sambutannya di Acara Virtual Puncak Peringatan HUT ke-21 Dharma Wanita Persatuan (DWP) tahun 2020 tingkat Provinsi DKI, Kamis (10/12/2020). Anies mengatakan perubahan kebiasaan baru di tengah pandemi Corona ini harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kita menyadari bahwa dengan adanya pandemi ini, ada perubahan di dalam keseharian kita, kebiasaan-kebiasaan yang dulu tidak ada sekarang jadi harus kita lakukan," kata Anies.

Anies mengatakan kebiasaan baru itu meliputi memakai masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak. Anies meyakini hal itu semua adalah sesuatu yang jauh dari keseharian sebelumnya.

"Ketika kita misalnya harus menggunakan masker, ketika kita harus mencuci tangan, ketika kita harus menjaga jarak, sesuatu yang dulu kita anggap sebagai sesuatu yang sangat jauh dari kita sekarang menjadi keseharian," tuturnya.

Anies menerangkan kebiasaan baru tersebut harus sudah mulai diajarkan dan disiplinkan agar menjadi budaya. Di situlah, kata Anies, konsistensi dari masing-masing individu menjadi sangat penting.

"Proses penumbuhan kebiasaan dilakukan dari mulai diajarkan, dibiasakan, didisiplinkan menjadi kebiasaan lalu menjadi budaya. Urutan itu dari mulai diajarkan, dibiasakan didisiplinkan menjadi kebiasaan lalu menjadi budaya, fase ini memerlukan proses pembelajaran dan situlah kemudian penting sekali bagi kita semua untuk menyadari betapa konsistensi menjadi penting," papar Anies.

Anies menyampaikan peran ibu sangat penting untuk membangun pola kebiasaan baru di lingkungan keluarga. Peringatan ulang tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) ini, sebut Anies, menjadi kunci untuk saling mengingatkan akan pola hidup baru itu.

"Dan di situ peran kaum ibu khususnya para penggiat Dharma Wanita menjadi sangat kunci. Mudah-mudahan di dalam peringatan Hari Dharma Wanita ini bisa menjadi kesempatan untuk mengingatkan pada kita, mengingatkan pada lingkungan kita tentang pentingnya membangun pola hidup baru kebiasaan baru yang sehat dan ketahanan keluarga nantinya akan tercapai," ungkapnya.

Anies pun kemudian mengucapkan selamat atas Hari Dharma Wanita Persatuan tingkat Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan virtual hari ini. Dia mendoakan kepada para penggiat Dharma Wanita agar selalu dalam keadaan sehat.

"Saya ucapkan selamat Hari Dharma Wanita, salam hangat untuk semuanya, salut kepada seluruh penggiat Dharma Wanita semoga selalu diberikan kesehatan selalu diberikan kemudahan, selalu diberikan kemudahan dalam mengerjakan seluruh urusan yang saat ini menjadi urusan yang penting bagi kita semua," katanya.

Senada dengan Anies, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pun mengucapkan selamat hari ulang tahun kepada Dharma Wanita Persatuan. Ariza berharap para Dharma Wanita dapat meningkatkan kerja sama untuk mewujudkan ketahanan keluarga Indonesia.

"Kami mengucapkan selamat ulang tahun Dharma Wanita Persatuan yang ke -21 sebagai organisasi yang menghimpun dan membina para istri ASN, semoga Dharma Wanita Persatuan terus dapat meningkatkan kerja sama sebagai mitra pemerintah daerah dan terus berkontribusi dalam mewujudkan ketahanan keluarga Indonesia melalui berbagai program pemberdayaan di era digital," ungkap Ariza. (whn/gbr)