Round-Up

Lokasi Habib Rizieq Disebut dalam Genggaman Polisi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 19:36 WIB
Ketua Majelis Tinggi Jakarta Bersyariah Habib Rizieq bersama Fachrurrozi Ishak, dan KH Abdul Rasyid Abdullah Syafii meluncurkan Konvensi Calon Gubernur Muslim Jakarta di Aula Buya Hamka Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Kamis (25/2/2016). Konvensi itu untuk menjaring calon di Pilkada 2017 mendatang.
Habib Rizieq Shihab (Agung Pambudhy/detikcom)

Selain di Petamburan, Jakarta, dan Megamendung, Bogor, Rizieq juga diketahui sempat tinggal di rumah di kawasan Sentul, Bogor, pada akhir-akhir ini. Saat itu, Habib Rizieq belum lama keluar dari RS UMMI Bogor.

Alamat persisnya adalah Kompleks Perumahan The Nature Mutiara Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Sebenarnya, rumah itu dihuni putrinya.

"Jadi bukan rumah Habib Rizieq yang di Sentul ini, tapi rumah putrinya Habib Rizieq. Dan dia mengunjungi cucunya di sini," kata pengacara FPI Ichwan Terakotta menceritakan keberadaan Rizieq pada 30 November kepada wartawan, Selasa (1/12).

Tempat keempat terkait Rizieq yang belakangan terdengar adalah suatu lokasi di Karawang, Jawa Barat. Tempat ini disebut FPI menjadi lokasi tujuan perjalanan Rizieq dari Perumahan The Nature Mutiara Sentul, melewati Tol Cikampek, pada 6 Desember malam hari dan 7 Desember dini hari lalu.

Pada momen itulah terjadi penembakan polisi terhadap pengikut Rizieq. Enam orang pengikut Rizieq tewas.

Sebagaimana tertera dalam keterangan pers tertulis dari FPI, lokasi itu disebut sebagai 'tempat pengajian keluarga sekaligus peristirahatan dan pemulihan kesehatan di Karawang'.

Terkait kesimpangsiuran lokasi Habib Rizieq, pengacara FPI Aziz Yanuar menyebut polisi sudah mengetahui keberadaan Habib Rizieq.

"Yang jelas pihak kepolisian saya yakin mengetahui (keberadaan Habib Rizieq) karena ada di kediamannya," kata Aziz Yanuar kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Namun, saat ditanya lebih jauh soal posisi Habib Rizieq saat ini, Aziz Yanuar menolak memberikan informasi.

"Untuk tempatnya, saya belum bisa memberitahukan, mohon maaf," katanya.