Pemenang Pilwalkot Makassar Ditetapkan Akhir Desember Jika Tak Ada Gugatan

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 15:54 WIB
Ilustrasi gedung KPU
Ilustrasi KPU (Andhika Prasetia/detikcom)

Menurut hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei sesaat pencoblosan Pilwalkot Makassar, paslon nomor urut 1 Ramdhan 'Danny' Pomanto-Fatmawati Rusdi keluar sebagai pemenang dengan meraih sekitar 41 persen suara.

Seperti quick count yang dilakukan CRC, paslon usungan NasDem-Gerindra dan didukung PBB dan Gelora itu unggul dengan 41,21 persen suara. Menyusul di bawahnya Appi-Rahman 34,84%, Deng Ical-dr Fadli 19,04%, dan Irman Yasin Limpo-Zunnun NH 4,86%.

Demikian halnya quick count yang dilakukan LSI, Danny-Fatma menang dengan 41,50% suara, disusul Appi-Rahman 34,66%, Deng Ical-dr Fadli 19,09%, dan Irman Yasin Limpo-Zunnun NH 4,75%.

Hasil itu juga tidak jauh berbeda dengan Sistem Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara (Sirekap) KPU untuk Pilwalkot Makassar. Seperti dipantau hari ini di situs resmi Sirekap KPU, data dari 1.089 TPS atau 45,49% dari 2.349 total TPS di Makassar, Danny-Fatma unggul 41,4%. Menyusul di bawahnya Appi-Rahman 34,6%, Deng Ical-dr Fadli 19,2%, dan Irman Yasin Limpo-Zunnun NH 4,8%.

Sebagai yang meraih total suara di bawah Danny-Fatma, Paslon nomor urut 2 Appi-Rahman langsung memberi selamat ke Danny-Fatma sebagai pemenang Pilwalkot Makassar. Appi bahkan mengisyaratkan tidak akan melakukan gugatan ke MK.

"Kami doakan menjadi pemimpin yang amanah. Kepada pendukung Appi-Rahman, kami sudah berbuat yang terbaik. Hasil ini jangan membuat kita sedih. Besok kita semua sudah harus jadi satu untuk Makassar," kata Appi.

Menanggapi kemenangannya versi hitung cepat, Danny memuji kedewasaan politik tiga lawannya di Pilwalkot Makassar, yakni Appi Rahman, Deng Ical-dr Fadli Ananda (DILAN), dan Irman Yasin Limpo-Zunnun NH (IMUN). Dia lalu mengajak ketiga paslon itu untuk ikut memperkuat visi-misinya membangun Makassar.

"Bahwa banyak ide-ide menarik dari IMUN, ide-ide menarik dari DILAN, dan ide-ide menarik dari Appi-Rahman. Saya kira karena kami dipersatukan cinta terhadap Makassar ke depan, maka alangkah baiknya kalau ada beberapa poin yang bisa memperkuat poin-poin yang kita ajukan dalam visi misi," ujar Danny kepada wartawan di kediamannya, Jalan Amirullah, Makassar, Rabu (9/12).


(nvl/idh)