Jokowi Tunggu Nama Calon Menteri dari Mega-Prabowo?

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 15:08 WIB
Momen kebersamaan Jokowi dan Prabowo Subianto di venue silat Asian Games 2018
Megawati, Presiden Jokowi, dan Prabowo (Laily Rachev/Biro Pers Setpres)

Presiden Jokowi sudah berulang kali marah kepada para pembantunya pada tahun pertama periode kedua masa jabatannya yang menghadapi tantangan berat pandemi Corona. Rentetan kekecewaan Presiden dan OTT KPK terhadap dua menteri, yakni Edhy Prabowo serta Juliari Batubara, makin memperkuat peluang adanya reshuffle kabinet.

Isu santer reshuffle kabinet akan diumumkan pada akhir Desember 2020, tak lama setelah gelaran pilkada serentak digelar. Sinyal reshuffle kabinet juga terdengar santer di lingkup internal parpol koalisi pemerintahan, salah satunya dari PDIP.

"Logis saja bila Presiden memikirkan reshuffle, minimal pengisian nama-nama baru," kata politikus PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Minggu (6/12).

Isu reshuffle kabinet juga terdengar riuh di kalangan politikus Senayan. Ada juga yang iseng menyebut Rabu Pon, yang kebetulan jatuh pada 23 Desember 2020, sebagai salah satu hari favorit Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet.

Waketum PKB Jazilul Fawaid menilai ada kemungkinan Presiden Jokowi melakukan reshuffle pada Hari Rabu Pon tanggal 23 Desember 2020. Ia menilai hari Rabu Pon adalah hari yang bagus serta lebih tenang.

"Menurut saya, sangat mungkin terjadi reshuffle pada Rabu Pon tanggal 23 Desember nanti," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Jumat (11/12).

"Hemat saya, Rabu Pon bagus, lebih adem ayem. Namun itu mutlak kewenangan Presiden kapan hari yang tepat dan pengganti yang tepat pula," imbuhnya.

Halaman

(hel/zak)