PKB: Sangat Mungkin Jokowi Reshuffle Kabinet Rabu Pon 23 Desember

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 14:00 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Maruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Kerja II di tangga veranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro/foc.
Presiden Jokowi dan jajaran Kabinet Indonesia Maju. (Wahyu Putro/Antara Foto)
Jakarta -

Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali mencuat di akhir 2020. PKB menilai ada kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle pada Rabu Pon, 23 Desember 2020.

"Menurut saya, sangat mungkin terjadi reshuffle pada Rabu Pon tanggal 23 Desember nanti," kata Waketum PKB Jazilul Fawaid kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

Jazilul mengatakan ada 2 tanggal yang dianggap bagus menurut penanggalan kalender Jawa. Pertama, 23 Desember hari Rabu Pon. Kemudian, 30 Desember hari Rabu Kliwon.

"Kalau bulan ini, tanggal 23 Desember jatuhnya Rabu Pon neptunya 14 Lakuning Rembulan atau berikutnya 30 Desember Rabu Kliwon, neptunya 15 Lakuning Srengenge (Matahari). Semua sama bagusnya," jelasnya.

PKB menilai Rabu Pon adalah hari yang bagus serta lebih tenang. Namun, PKB menegaskan keputusan melakukan reshuffle adalah hak Jokowi.

"Hemat saya, Rabu Pon bagus, lebih adem ayem. Namun itu mutlak kewenangan Presiden kapan hari yang tepat dan pengganti yang tepat pula," tuturnya.

PKB kemudian mengimbau masyarakat bersabar mengenai waktu reshuffle. PKB berharap Presiden Jokowi dapat menentukan waktu yang tepat untuk melakukan reshuffle.

"Isu (reshuffle) tersebut bisa jadi benar. Hemat saya, kita bersabar dan berdoa agar Presiden memutuskan yang terbaik dan diridhoi Allah SWT untuk kebaikan bersama," kata Jazilul.

Latar belakang isu reshuffle kabinet di halaman selanjutnya...