Polisi Merunut Perjalanan Rombongan Habib Rizieq dari Sentul hingga Km 50

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 13:30 WIB
Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan maklumat Kapolri tentang kepatuhan protokol kesehatan dalam tahapan pemilihan 2020.
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta -

Polri masih menyelidiki insiden yang disebut kontak tembak yang menewaskan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Polri akan mengusut secara runut mulai dari tempat kejadian perkara (TKP) pertama di Sentul, Bogor.

"Jadi nanti akan kita buktikan mulai dari TKP pertama dari Sentul, kita cari saksi disana tentang keberangkatannya," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono di gedung Mabes Polri, Jakarta, Jumat (11/12/2020).

Penelusuran TKP akan berurutan. Setelah TKP pertama selesai, polisi akan menuju TKP terkait insiden yang disebut baku tembak itu terjadi, yakni Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Semua saksi yang melihat yang mendengar silahkan nanti akan kita periksa semua, kita akan terbuka semua," lanjut Argo.

Argo meminta masyarakat yang mengetahui persis insiden yang disebut baku tembak itu terjadi dapat melapor ke polisi.

Selain itu, polisi kini tengah mengumpulkan bukti pendukung. Sebanyak 14 saksi sudah diperiksa.

"Untuk sementara ini kita sudah memeriksa 14 saksi," lanjut Argo.

Seperti diketahui, enam dari sepuluh pengikut Habib Rizieq tewas ditembak di Tol Jakarta-Cikampek. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan jajarannya terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur karena pengikut Habib Rizieq melakukan perlawanan.

"Sekitar pukul 00.30 WIB di jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 50 telah terjadi penyerangan terhadap anggota Polri yang sedang melaksanakan tugas penyelidikan terkait rencana pemeriksaan MRS yang dijadwalkan berlangsung hari ini jam 10.00 WIB," jelas Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12).

Kapolda Metro Jaya itu menyebut pelaku penyerangan menggunakan senjata api. Fadil menyatakan pelaku sudah menembakkan senjata sebanyak 3 kali. Senjata-senjata yang dipakai penyerang itu juga ditunjukkan di depan wartawan yang meliput.

Tonton video 'Mengapa Habib Rizieq Selalu Dikawal?':

[Gambas:Video 20detik]



Namun, FPI memiliki versi cerita yang berbeda dengan polisi. Simak selengkapnya di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2