Gerindra Klaim Erman-Marfendi Menang Pilwalkot Bukittinggi Kalahkan Petahana

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 17:22 WIB
Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade
Andre Rosiade (Foto: dok. Gerindra)
Padang -

Pasangan Erman Syafar-Marfendi mengklaim berhasil memenangi Pilwalkot Bukittinggi 2020. Pasangan usungan Gerindra-PKS itu mengklaim meraup suara 45 persen lebih.

"Erman Syafar sudah melaporkan kepada kami bahwa beliau memenangkan Pilkada Bukittinggi mengalahkan petahana," kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Barat (Sumbar) Andre Rosiade kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

"Dari total 234 TPS yang ada di sana (Bukittinggi), beliau (Erman-Marfendi) melaporkan kepada kami bahwa beliau unggul 45 persen lebih. Itu laporan yang disampaikan Erman Syafar," imbuhnya.

Andre meyakini salah satu faktor kemenangan Erman-Marfendi adalah komitmen mencabut peraturan wali kota (perwako) yang memberatkan para pedagang. Anggota Komisi VI DPR RI itu menyebut komitmen Erman-Marfendi sejalan dengan Gerindra.

"Erman Safar menjawab tuntutan keinginan perubahan tersebut dengan tawaran yang menarik bagi masyarakat Bukittinggi, salah satunya pencabutan Perwako Nomor 41, sesuai dengan kebijakan Partai Gerindra agar Pemerintah Kota Bukittinggi kembali berpihak pedagang pasar," ucap Andre.

Seperti diketahui, Pilwalkot Bukittinggi diikuti tiga pasangan calon, yakni Ramlan Nurmatias-Syahrizal (jalur independen), Erman-Marfendi, juga turut serta artis David Chalik, yang menjadi pasangan Irwandi (Wakil Wali Kota Bukittinggi saat ini).

Bukan hanya di Pilwalkot Bukittinggi, Gerindra juga mengklaim menang di tiga pilkada lainnya.

Selain di Pilwalkot Bukittinggi, Andre juga menyebut pasangan calon kepala daerah di Pilbup Pesisir Selatan, Pilbup Solok, dan Pilbup Tanah Datar, yang diusung Gerindra juga menang.

"Ada empat kader Gerindra sejauh ini yang dilaporkan menang pilkada Sumbar," jelas Andre.

(zak/zak)