Kalah Quick Count Pilkada di Sejumlah Wilayah, Gerindra Akan Evaluasi Internal

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 12:05 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad usai menghadiri rapat Baleg DPR dengan Apindo perihal RUU Cipta Kerja, di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (28/82020).
Sufmi Dasco Ahmad (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta -

Paslon usungan Partai Gerindra kalah versi hitung cepat (quick count) di sejumlah wilayah pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020. Gerindra belum mengetahui alasan kalahnya Paslon usungan mereka.

"Saya tidak bisa menduga duga sebab kekalahan versi quick count ya, sementara kami masih menunggu hasil resmi dari KPU masing-masing," kata Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat dihubungi Kamis (10/12/2020).

Dasco mengatakan kekalahan versi quick count memang terjadi di sejumlah wilayah, seperti Pilwalkot Tangsel, yakni Paslon Muhammad-Saraswati Djojohadikusumo dan Pilwalkot Depok Pradi-Afifa hingga Pilgub di sejumlah provinsi. Meski demikian, Dasco meyakini pihaknya di daerah sudah berusaha memenangi Pilkada 2020.

"Kami liat tim kami, baik di Depok maupun di Tangerang Selatan, sudah berusaha maksimal berjuang untuk merebut kemenangan. Kalau dari hasil quick count kemudian masih tertinggal kita akan liat nanti hasil akhirnya seperti apa," ucapnya.

Terkait kekalahan ini, Dasco menyebut pihaknya akan melakukan introspeksi internal agar bisa lebih baik lagi ke depannya. Dia juga belum bisa memastikan apakah kekalahan ini sebagai dampak dari kasus korupsi Menteri KKP nonaktif, Edhy Prabowo beberapa saat yang lalu.

"Hasilnya apa pun itu akan membuat tim kami di Gerindra itu introspeksi ke internal untuk membuat perbaikan supaya ke depan lebih baik lagi. Ini masih melakukan evaluasi terhadap dampak, apakah ada dampak atau tidak terhadap kejadian (Edhy Prabowo) yang anda maksud, hasil evaluasi itu tentunya menjadi pembelajaran internal bagi Partai Gerindra," ujarnya.

Lantas di daerah mana saja paslon yang diusung Gerindra kalah versi quick count? Selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2