Golkar Optimistis Sahbirin-Muhidin Menang di Pilgub Kalsel 2020

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 16:15 WIB
Setelah menetapkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum, Munas Golkar resmi ditutup. Penutupan Munas Golkar dilakukan oleh Wakil Presiden Maruf Amin.
Airlangga Hartarto (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Partai Golkar optimistis pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang mereka usung, Sahbirin Noor-Muhidin, akan menang di Pilgub Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020. Klaim kemenangan Sahbirin-Muhidin didasari atas data perolehan suara yang dimiliki Golkar.

"Optimis, kita optimis," ujar Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto kepada wartawan di kantor DPP Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (10/12/2020).

Perolehan suara Sahbirin-Muhidin hingga akhir quick count kemarin memang menang tipis atas lawannya, Denny Indrayana-Difriadi Darjad. Airlangga menyebut hasil quick count sebagai salah satu indikator klaim kemenangan mereka.

"Kalau quick count kan masih ada margin of error. Jadi kan tadi saya sampaikan ini berdasarkan, satu, quick count. Yang kedua, berdasarkan dokumen C1 plano yang dimiliki oleh Partai Golkar. Jadi kita meyakini bahwa Partai Golkar menang," papar Airlangga.

Namun Airlangga mengaku tidak mau jemawa. Menko Perekonomian itu menyatakan akan tetap menunggu keputusan resmi KPU.

"Tetapi tadi saya sampaikan bahwa hasil resmi kita tunggu hasil KPU tanggal 20," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, tim pemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sahbirin-Muhidin mengklaim memenangi Pilgub Kalsel. Mereka menyampaikan hasil quick count yang dilakukan pihak internal.

Ketua Tim Pemenangan BirinMu, Rifqinizamy Karsayuda, mengatakan pihaknya unggul atas penantang Denny Indrayana-Difriadi Darjat.

"Kami tim pemenangan pasangan H Sahbirin dan Muhidin telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur dengan metode quick count yang diambil langsung dari saksi-saksi se-Kalsel," ucap Ketua Tim Pemenangan Sahbirin-Muhidin, Rifqinizamy Karsayuda, dalam jumpa pers di Hotel Ratan Inn, Rabu (9/12).

Hasil dari quick count internal, BirinMu, disebutnya, mendapat 51,48 persen suara, sementara Denny-Difriadi mendapatkan 48,52 persen.

"Margin of error dari quick count ini 1,9 persen. Karena ini kami berani mengumumkan ini sebagai sebuah kemenangan pada Pilgub Kalsel 2020," ujar anggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini.

(zak/zak)