4 Lokasi Terkait Habib Rizieq yang Kini Hendak Ditangkap Polisi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 14:31 WIB
Habib Rizieq Shihab mendatangi Bareskrim Polri. Imam Besar FPI ini menjadi saksi ahli terkait kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
Ilustrasi foto Habib Rizieq sebelum pandemi. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Muhammad Rizieq Shihab (Habib Rizieq) kini menjadi tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Polisi kini hendak memanggil dan menangkap Habib Rizieq, namun keberadaannya masih misterius. Ini empat lokasi terkait pimpinan Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

1. Petamburan

Imam besar FPI itu juga punya rumah di Petamburan, tepatnya di Gang Paksi, Jalan Petamburan III, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Habib Rizieq dan keluarganya tinggal di situ, termasuk menemui tamu-tamu yang menyambut kepulangannya dari Arab Saudi, 10 November lalu.

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya juga mengirimkan surat panggilan permintaan keterangan ke alamat di rumah di Gang Paksi itu, 29 November lalu. Namun pada saat itu, Rizieq tidak ada di rumah.

"Tadi penyidik ke rumah HRS untuk kirim surat panggilan kepada yang bersangkutan, tetapi yang bersangkutan tidak ada di rumahnya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi detikcom, Minggu (29/11).

Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI juga berlokasi di kawasan ini, yakni di Jalan Petamburan III Nomor 17, Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

2. Megamendung

Habib Rizieq punya pondok pesantren (ponpees) di Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Namanya adalah Ponpes Alam Agrokultural Markaz Syariah DPP FPI di Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes CH Patoppoi menjelaskan dugaannya, pemilik ponpes Megamendung ini adalah Habib Rizieq. "Didirikan sejak tahun 2012," kata Patoppoi di Mapolda Jawa Barat, Bandung, Kamis (26/11) lalu.

Habib Rizieq menghadiri peletakan baru pertama pembangunan masjid di Ponpes ini pada 13 November lalu. Kegiatan tersebut menimbulkan kerumunan massa di tengah situasi pandemi COVID-19.

Tonton video 'Habib Rizieq Jadi Tersangka, Polisi Akan Gunakan Kewenangan Upaya Paksa!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya, lokasi di Sentul dan Megamendung:

Selanjutnya
Halaman
1 2 3