Round-Up

Bobby Mantu Jokowi Menang Derby Nasution Versi Quick Count

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 08:40 WIB
Calon Wali Kota Medan nomor urut dua Bobby Nasution (kanan) bersama istrinya Kahiyang Ayu (kiri) menunjukan surat suara saat menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Kota Medan Tahun 2020 di TPS 22, Kelurahan Asam Kumbang, Medan, Sumatera Utara, Rabu (9/12/2020). ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Lmo/wsj.
Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu saat berada di TPS. (Irsan Mulyadi/Antara Foto)
Medan -

Derby Nasution di Pilkada Medan dimenangi oleh Bobby Nasution dalam versi hitung cepat atau quick count. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini mengungguli lawannya, Akhyar Nasution, dalam hasil quick count.

Pilkada Medan diikuti dua pasangan calon. Paslon nomor 1 adalah Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan paslon nomor 2 ialah Bobby Nasution-Aulia Rachman.

Akhyar-Salman diusung Demokrat dan PKS. Sementara Bobby-Aulia diusung oleh PDIP, Gerindra, PAN, Golkar, NasDem, Hanura, PPP, dan PSI.

Bobby-Aulia menang berdasarkan data hitung cepat sejumlah lembaga survei. Meski demikian, Bobby meminta para pendukungnya bersabar dan menunggu hasil resmi dari KPU Medan.

"Kita tunggu real count. Hasil resmi dari KPU," kata Bobby di Posko Pemenangan Bobby-Aulia di Jalan Putri Hijau, Medan, Rabu (9/12/2020).

Menang Versi Quick Count Charta Politika

Hasil quick count Charta Politika menyatakan Bobby-Aulia meraih 55,29% suara di Pilkada Medan. Sementara Akhyar-Salman mendapat 44,71% suara.

Jumlah tersebut diperoleh dari 100% data yang telah masuk ke Charta Politika per pukul 18.50 WIB. Meski demikian, quick count Charta Politik bukan hasil resmi Pilkada Medan.

Hasil resmi Pilkada Medan bakal disampaikan oleh KPU Medan setelah melakukan rekapitulasi suara dari 4.303 TPS yang ada di Medan.

Simak kelanjutannya di halaman berikutnya.