Gugatan Dikabulkan Bawaslu, Yusak-Yakob Bisa Berlaga di Pilkada Boven Digoel

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 10 Des 2020 00:04 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi pilkada (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Bawaslu Kabupaten Boven Digoel, Papua, mengabulkan permohonan sengketa yang diajukan pasangan calon Yusak Yaluwo-Yakob Weremba. Bawaslu memerintahkan KPUD Kabupaten Boven Digoel membatalkan keputusan yang mendiskualifikasi pasangan Yusak-Yakob di Pilkada Boven Digoel 2020.

"Jadi sebagaimana tadi pagi terkait dengan sidang sengketa di Boven Digoel, majelis sengketa yang terdiri dari Bawaslu Kabupaten Boven Digoel telah mengabulkan permohonan Pemohon untuk seluruhnya. Jadi putusan sengketa mengatakan, membatalkan keputusan KPU yang membatalkan Pemohon," kata anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di YouTube Bawaslu RI, Rabu (9/12/2020).

Dalam amar putusannya, Bawaslu juga memerintahkan agar KPU Boven Digoel menerbitkan keputusan atau berita cara tentang penetapan Pemohon sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel. Selain itu, KPU Boven Digoel diperintahkan menindaklanjuti putusan tersebut paling lama tiga hari kerja terhitung sejak putusan tersebut dibacakan.

"Dan memerintahkan KPU untuk membuat surat keputusan baru, sehingga Pemohon dapat untuk menjadi paslon pada pasangan Pilkada 2020," ujarnya.

Fritz mengatakan putusan tersebut telah dibacakan pagi ini. Nantinya, setelah KPU menyatakan pemohon memenuhi syarat untuk maju pilkada, KPU baru menentukan tanggal hari pemungutan suara.

"Mereka harus keluarkan keputusan baru. Menyatakan pemohon MS. Baru menentukan hari pemungutan suara," ujarnya.

Diketahui, Yusak Yaluwo-Yakob Weremba mengajukan permohonan sengketa meminta agar Bawaslu membatalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 584/PL.02.2-Kpt/06/KPU/XI/2020 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel Tahun 2020 tanggal 28 November 2020.

Selengkapnya baca di halaman berikutnya.