Jatuh Saat Antrean, Pemilih di Kota Palu Meninggal di TPS

Mohammad Qodri - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 14:46 WIB
Pemilih di Palu yang meninggal di TPS dievakuasi
Pemilih di Palu yang meninggal di TPS dievakuasi (Foto: Dok. Humas Polres Palu)
Palu -

Salah seorang pemilih tetap di Kota Palu, Sulawesi Tengah meninggal saat ingin melakukan pencoblosan Pilkada 2020 di tempat pemungutan suara (TPS). Korban meninggal dunia, saat petugas KPPS mempersilahkan untuk duduk antrean di tempat yang telah disediakan.

Kejadian itu terjadi pada Rabu (9/12/2020) sekitar pukul 08.00 WITA di TPS 08 jalan Merpati, Kelurahan Tanamonindi, Kecamatan Mantikolores, Kota Palu. Kapolres Palu AKBP Riza Fisal mengatakan bahwa korban bernama Musdin Dg. Sila, (70), ia memastikan bahwa petugas KPPS sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai SOP terhadap korban, sebelum masuk dalam antrean.

"Jadi korban belum sempat melakukan pencoblosan, ia baru saja dipersilahkan duduk oleh petugas karena antrean. Saksi melihat korban mencuci tangan, dan di cek suhu tubuh oleh petugas KPPS, sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku sebelum memasuki area TPS kemudian korban duduk di kursi antrean sesuai arahan petugas KPPS,"ungkap AKBP Riza kepada wartawan di Polres Palu pada Rabu (12/9/2020) pagi.

Sementara itu, menurut saksi yang merupakan anggota KPPS atau Linmas menerangkan bahwa korban sekitar 07.30 Wita, tiba di TPS 08 dan saksi mempersilahkan korban untuk mencuci tangan, setelah itu korban di cek suhu tubuh dan suhu tubuhnya normal.

"Kami mempersilakan kepada korban untuk masuk di area TPS dan menunggu di kursi antrean, beberapa saat setelah korban duduk untuk menunggu, tiba-tiba korban terjatuh dan tidak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal dunia," ucap Ray kepada wartawan.

(lir/lir)