Apakah Penyintas COVID-19 Juga Akan Divaksin? Ini Kata Satgas

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 17:52 WIB
ilustrasi vaksin
Ilustrasi vaksinasi Corona (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan vaksinasi COVID-19 akan diprioritaskan untuk kelompok berisiko tinggi. Lalu, apakah mereka yang sembuh dari COVID-19 juga akan menerima vaksin Corona?

"Di Indonesia pemberian vaksin Corona diprioritaskan untuk kelompok yang berisiko tinggi untuk tertular sesuai dengan pernyataan Menteri Kesehatan," kata jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/12/2020).

Dia menyebut kelompok berisiko tinggi itu terdiri atas tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan mereka yang bekerja di fasilitas kesehatan.

"Di antaranya adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan," tuturnya.

Lantas, apakah mereka yang sudah pernah terinfeksi virus Corona dan sembuh juga akan menerima vaksin?

"Sampai saat ini belum ada penelitian terkait efektivitas vaksin terhadap penyintas COVID-19. Seiring dengan berjalannya waktu nanti akan ada penelitian-penelitian lain terkait reinfeksi maupun tentang vaksin COVID-19," jelas Wiku.