Video Ambulans FPI Masuk RS Saat Ricuh Diviralkan, Ini Faktanya

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 17:40 WIB
Viral video mobil ambulans bertuliskan FPI masuk ke halaman RS. Faktanya peristiwa tersebut terkait demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja di area gedung DPRD Riau yang berujung ricuh (Screenshot video viral)
Viral video mobil ambulans bertulisan FPI masuk ke halaman RS. Faktanya, peristiwa tersebut terkait demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja di area gedung DPRD Riau yang berujung ricuh. (Screenshot video viral)
Pekanbaru -

Video ambulans bertulisan 'Front Pembela Islam (FPI)' masuk ke halaman sebuah rumah sakit (RS) saat terjadi kericuhan banyak beredar di grup WhatsApp (WA). Banyak narasi yang menyertai video tersebut.

Dalam video berdurasi 1 menit 54 detik, terlihat ada banyak orang, termasuk tenaga kesehatan, di halaman RS tersebut. Tenaga kesehatan tampak mengenakan alat pelindung diri berupa baju, sarung tangan, face shield, hingga penutup kepala.

Di halaman pintu masuk RS, terlihat sejumlah tandu dijejerkan di tanah. Suasana dalam video tersebut terlihat dalam kondisi gaduh.

Viral video mobil ambulans bertuliskan FPI masuk ke halaman RS. Faktanya peristiwa tersebut terkait demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja di area gedung DPRD Riau yang berujung ricuh (Screenshot video viral)Terlihat sejumlah tenaga kesehatan mengenakan alat pelindung diri (Screenshot video viral)

Terdengar banyak orang berteriak histeris melihat ke arah luar RS. Sementara itu, di luar RS terlihat ada asap membubung yang diduga berasal dari tembakan gas air mata.

Kemudian, masuk sebuah mobil ambulans berwarna putih dengan tulisan FPI di bagian samping. Selain itu, tampak ada sosok gambar orang di bagian samping belakang ambulans tersebut.

Berbagai narasi ikut disertakan dalam pengiriman video tersebut. Beberapa di antara disebut kejadian terjadi di RS Polri dan ada yang menyebut peristiwa terjadi di sebuah RS di Purwakarta, Jawa Barat.

Viral video mobil ambulans bertuliskan FPI masuk ke halaman RS. Faktanya peristiwa tersebut terkait demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja di area gedung DPRD Riau yang berujung ricuh (Screenshot video viral)Pemuda mengenakan jaket almamater melintas di sebuah baliho bertulis Awal Bros (Screenshot video viral)

Jika diamati, dalam video tersebut juga terlihat sejumlah pemuda yang mengenakan jaket sejenis jaket almamater. Kemudian dalam sebuah sekuen, terlihat plang tulisan Awal Bros.

Simak video 'FPI Datangi RS Polri: Jika Diserahkan, Jenazah akan Dibawa ke Petamburan':

[Gambas:Video 20detik]



Hasil penelusuran video viral tersebut dapat dilihat di halaman selanjutnya.