Terobos Demo di Jalan Depan DPRD Riau, Mobil Ambulans FPI Diamankan

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 17:37 WIB
Ambulans bertuliskan FPI ditahan aparat karena menerobos kerumunan massa yang demo tolak Omnibus Law di DPRD Riau. Dua orang diamankan (Chaidir Tanjung/detikcom)
Ambulans bertulisan 'FPI' ditahan aparat karena menerobos kerumunan massa yang demo tolak omnibus law di DPRD Riau. Dua orang diamankan. (Chaidir Tanjung/detikcom)
Jakarta -

Aksi menolak omnibus law UU Cipta Kerja (Ciptaker) di area DPRD Riau diwarnai kericuhan. Polisi berupaya membubarkan massa.

Namun di saat yang sama, mobil ambulans berlambang Front Pembela Islam (FPI) menerobos Jalan Sudirman. Aparat menghentikan paksa mobil ambulans yang terpampang gambar Habib Rizieq Syihab tersebut.

Padahal Jalan Sudirman di depan DPRD Riau sudah disterilisasi dari kendaraan. Namun, tiba-tiba mobil berwarna putih tersebut melintas di Jalan Sudirman.

Pantauan detikcom, Kamis (8/10/2020), aparat berupaya membubarkan massa dengan melepaskan tembakan gas air mata. Kericuhan dalam demo ini terjadi setelah mahasiswa merasa kecewa karena tak menemui titik temu saat berdialog dengan pimpinan DPRD Riau.

Massa menyatakan menolak UU Cipta Karya. Setelah itu, pimpinan DPRD Riau meninggalkan lokasi dialog dengan mahasiswa di tengah Jalan Sudirman.

Ambulans bertuliskan FPI ditahan aparat karena menerobos kerumunan massa yang demo tolak Omnibus Law di DPRD Riau. Dua orang diamankan (Chaidir Tanjung/detikcom)Dua orang dari mobil tersebut diamankan. (Chaidir Tanjung/detikcom)

Aparat kemudian memaksa mahasiswa bubar. Mahasiswa bertahan, lantas polisi menembakkan gas air mata berulang kali.

Hingga pukul 16.30 WIB, polisi masih berupaya membubarkan paksa mahasiswa. Terdengar dentuman suara tembakan gas air mata berulang kali pecah di kawasan gedung DPRD Riau.

Tiba-tiba mobil ambulans berlambang FPI menerobos Jalan Sudirman di depan gedung DPRD Riau. Spontan, aparat memaksa mobil tersebut berhenti.

Ada dua pria di dalam mobil tersebut, yakni satu orang sopir dan rekannya. Setelah dihentikan, keduanya dipaksa turun dari mobil.

Mobil Mitsubishi L300 tersebut akhirnya diamankan pihak aparat. Kedua pria yang belum diketahui identitasnya itu ditahan aparat keamanan. Situasi di gedung DPRD Riau masih belum reda.

Tonton video 'Gas Air Mata Pukul Mundur Massa Demo Omnibus Law di Kendari':

[Gambas:Video 20detik]



(cha/jbr)