Polres Cilegon Kerahkan 714 Personel Jaga TPS Pilkada Cilegon-Serang

M Iqbal - detikNews
Selasa, 08 Des 2020 10:39 WIB
714 personel Polres Cilegon dikerahkan untuk pengamanan pencoblosan pilkada 2020 (M Iqbal/detikcom)
714 personel Polres Cilegon dikerahkan untuk pengamanan pencoblosan Pilkada 2020. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Polres Cilegon mengerahkan 714 personel untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Cilegon dan Kabupaten Serang. Dua daerah itu masuk wilayah hukum Polres Cilegon yang menjalani Pilkada Serentak 2020.

"Untuk pelaksanaan apel personel ini, kita nerima BKO (bawah kendali operasi) dari Polda 1 SSK (satuan setingkat kompi) Brimob, total 714. Jadi yang akan membantu kita dalam pelaksanaannya dari teman-teman TNI ada 150 tentunya hal itu akan kita maksimalkan jumlahnya sehingga nantinya pada pelaksanaan pengamanannya tidak jadi masalah," kata Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono di Cilegon, Selasa (8/12/2020).

Aparat hukum yang melaksanakan pengamanan di TPS tidak boleh masuk ke TPS. Aparat hanya diperbolehkan melakukan pengamanan di luar garis TPS yang sudah ditentukan oleh panitia.

"Selanjutnya SOP pada mereka saat melakukan pengamanan. Jadi prinsipnya pengamanan TPS tersebut dia akan menjaga, membantu KPPS saat proses pencoblosan, kewenangannya dia di luar TPS sendiri sehingga di dalam TPS ada kejadian misalnya harus menunggu KPPS-nya minta tolong atau mengkode baru mereka bisa masuk karena mutlak di dalam tempat itu adalah KPPS," ujarnya.

Jika terjadi gangguan keamanan di luar garis TPS, aparat keamanan bisa bertindak sesuai prosedur yang berlaku. Cara-cara humanis dan upaya preventif harus dilakukan terlebih dahulu jika terjadi masalah gangguan keamanan.

"Tapi kalau di luar TPS ketika terjadi gangguan keamanan mereka bisa melakukan tindakan secara terukur, humanis, preventif perlu dikedepankan," kata dia.

Sigit mengatakan para personel sudah dilengkapi alat penunjang protokol kesehatan untuk menjaga diri. Selain melakukan pengamanan, aparat diminta menegakkan protokol kesehatan di TPS tempat mereka berjaga.

(jbr/jbr)