Jelang Masa Tenang, Pangdam dan Kapolda Temui 4 Paslon Pilwalkot Cilegon

M Iqbal - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 14:06 WIB
Jelang Masa Tenang, Pangdam dan Kapolda Temui 4 Paslon Pilwalkot Cilegon
Pangdam Siliwangi dan Kapolda Banten menemui empat paslon Pilwalkot Cilegon. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Menjelang masa tenang dan berakhirnya masa kampanye Pilkada Serentak 2020, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto dan Kapolda Banten Irjen Fiandar menemui empat pasangan Pilwalkot Cilegon.

Pangdam ingin memastikan pelaksanaan pilkada di wilayahnya berjalan aman dan damai. Nugroho juga berpesan agar para kandidat Pilwalkot Cilegon bisa memberikan pemahaman kepada para pendukungnya untuk tidak berbuat hal-hal yang tidak kondusif.

"Imbauannya, mari kita ikuti pilkada ini dengan baik. Semuanya datang menggunakan hak suaranya sehingga harapan dari pemerintah banyak peserta partisipasi masyarakatnya sehingga semuanya bisa tahu yang dipilih adalah putra-putri terbaik yang ada di daerah tersebut," kata Nugroho kepada wartawan di Cilegon, Sabtu (5/12/2020).

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Fiandar meminta empat paslon Pilwalkot Cilegon aktif menurunkan tensi pendukung dan simpatisannya masing-masing saat masa tenang. Fiandar juga mengimbau para pendukung paslon Pilwalkot Cilegon menjaga situasi kondusif selama masa tenang hingga selesai pemilihan.

"Saya mohon dukungan masyarakat semua. Menghadapi masa tenang, ya mengurangi sedikit tensinya supaya nanti memasuki masa pemungutan suara bisa lebih kondusif lagi," kata Fiandar.

Jelang Masa Tenang, Pangdam dan Kapolda Temui 4 Paslon Pilwalkot CilegonPangdam Siliwangi dan Kapolda Banten menemui empat paslon Pilwalkot Cilegon (M Iqbal/detikcom)

Guna menjaga situasi kondusif, polisi menyiapkan tim khusus untuk patroli cyber di dunia maya. Jika ditemukan ada salah satu pendukung yang menyebarkan hoax dan dinilai mengganggu ketertiban selama jalannya pilkada, polisi tak segan menindak tegas.

"Kemudian masalah mengantisipasi berita hoax, di pihak kepolisian ada namanya patroli cyber, dari BIN juga ada mengantisipasi dan melakukan monitoring terhadap sumber-sumber berita hoax kalau ada itu langsung kita lakukan tracking untuk melakukan penindakan tentunya sesuai dengan kapasitas pelanggaran yang terjadi," tuturnya.

(rfs/rfs)