Surat Al-Ghasiyah Ayat 1-26: Arab, Latin dan Artinya

Lusiana Mustinda - detikNews
Senin, 07 Des 2020 19:15 WIB
Muslim woman reading from the quran stock photo
Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik
Jakarta -

Surat Al-Ghasiyah diturunkan sesudah surat Adz-Dzaariat dan terdiri dari 26 ayat. Al-Ghasiyah artinya peristiwa yang dasyhat. Al-Ghasiyah juga termasuk dalam kategori surat Juz Amma atau juz terakhir dalam Al-Qur'an.


Prof. Quraisy Shihab dalam Tafsir Al Mishbah mengatakan bahwa para ulama sepakat menyatakan seluruh surat Al Ghasiyah turun sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Artinya Surat Al Ghasiyah tergolong surat Makkiyah.

Nama al-Ghasiyah diambil dari lafal pada ayat pertama, yakni الْغَاشِيَةِۗ (ghasiyah). "Tema surat ini adalah uraian tentang hari kiamat dengan balasan serta ganjarannya bagi manusia," tulis Prof Quraisy dalam Tafsir Al Mishbah jilid 15 seperti dikutip Tim Hikmah detikcom.

Surat Al Ghasiyah juga menjelaskan soal kecaman terhadap orang-orang yang tidak mau menarik pelajaran dari ayat-ayat Allah yang terhampar di bumi dan langit. Surat ini sebagaimana disebutkan Imam An-Nawawi dalam Al-Majmu' Syarhul Muhadzdzab dibaca Rasulullah SAW saat sholat Ied, selain surat Al-A'la.

Menurut Prof Quraisy, Surat Al Ghasiyah ayat 1-7 menyatakan kepada umat Nabi Muhammad SAW tentang berita soal datangnya hari kiamat dan kedahsyatannya.

Pada hari kiamat banyak wajah-wajah manusia yang durhaka pada hari itu tunduk, terhina karena malu terbongkar kedoknya dan takut siksa api neraka.

Mereka berusaha bekerja keras untuk menghindari siksaan, namun sia sia alias tidak ada hasilnya. Mereka terpaksa bekerja keras sebab saat di dunia hidup berleha-leha, tidak sungguh-sungguh dalam beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Masih dalam Surat Al Ghasiyah ayat 1 sampai 7 disebutkan bahwa pada akhirnya orang yang mendurhakai Allah SWT itu akan memasuki neraka dengan api yang sangat panas. Saat kehausan mereka diberi minum oleh penjaga neraka dengan air mendidih dan sumber yang sangat panas.

Saat mereka kelaparan, mereka pun memohon agar diberi makanan. Namun mereka tidak memperoleh makanan selain dari dhari, yakni pohon berduri yang bahkan binatang pun tak mau memakannya.

KLIK HALAMAN SELANJUTNYA UNTUK MEMBACA Surat Al-Ghasiyah Ayat 1-26: