Habib Rizieq kembali Mangkir, Polisi Ambil Langkah Usai Gelar Perkara

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 07 Des 2020 18:57 WIB
Jakarta -

Habib Rizieq Shihab kembali mangkir dari panggilan polisi untuk kedua kalinya. Terkait hal ini Polda Metro Jaya akan mengambil langkah-langkah setelah melakukan gelar perkara.

"Dari kepolisian sendiri kita akan laksanakan, kita akan gelar perkara untuk tindak lanjut dari ini. Kita tunggu saja hasil gelar perkara penyidik," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/12/2020).

Habib Rizieq sedianya diperiksa hari ini setelah dua kali dipanggil polisi. Namun hingga pukul 16.00 WIB, Habib Rizieq tidak hadir.

Yusri mengatakan pihaknya telah mendapat informasi dari pengacara terkait ketidakhadiran Habib Rizieq.

"Pengacaranya menyampaikan alasan ketidakhadirannya MRS dan juga menantunya sudah ada kegiatan lebih penting menurut pengakuannya dari kegiatan ini," imbuhnya.

Pengacara Habib Rizieq, Aziz Yanuar, sendiri telah menyampaikan bahwa Habib Rizieq tidak dapat memenuhi panggilan polisi karena alasan masih pemulihan. Namun polisi tidak menerima surat keterangan dokter terkait kondisi Habib Rizieq tersebut.

"Sampai saat ini belum (mendapat surat keterangan dokter), cuma menyampaikan saja ada kegiatan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Yusri menyampaikan, pihaknya hari ini juga memeriksa saksi-saksi lain terkait kasus kerumunan di Petamburan. Dari beberapa saksi yang dipanggil, ada yang tidak hadir.

"Terkait kejadian yang berkerumun yang terjadi di Petamburan, hari ini kita jadwalkan pemeriksaan 15 orang. Sampai sore ini 6 sudah hadir, masih ada 9 lagi yang masih kita tunggu termasuk saudara MRS dan juga menantunya HA dan ada beberapa lainnya," paparnya.

Yusri tidak merinci lebih jauh soal daftar saksi yang dipanggil untuk pemeriksaan hari ini.

"Jadi, dari semuanya, termasuk ada wali kota yang dilakukan pemeriksaan, termasuk juga ada beberapa panitia-panitia lain," tuturnya.

Terkait status Habib Rizieq sendiri, Yusri menyebut Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu berstatus sebagai saksi.

"Masih sebagai saksi," katanya.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengultimatum Habib Rizieq untuk memenuhi panggilan. Simak di halaman selanjutnya.