Hendri Satrio: Jokowi Harus Bersihkan Oknum Koruptor dari Kabinetnya

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 13:09 WIB
Hendri Satrio
Foto: dok Istimewa
Jakarta -

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara terjerat kasus korupsi terkait dana bansos COVID-19. Kasus tersebut dinilai berdampak buruk ke pemerintahan Jokowi hingga partai asalnya, PDIP.

"Berdampak buruk sekali terhadap pemerintahan Jokowi. Sebab, Kementerian Juliari vital bersinggungan langsung dengan kebutuhan rakyat yang sedang berjuang melawan pandemi," kata pengamat politik dari lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, dalam keterangannya, Minggu (6/12/2020).

Lebih lanjut penetapan tersangka terhadap Mensos juga berdampak buruk bagi citra PDIP. Hendri mengatakan PDIP sebelumnya identik dengan jargon 'wong cilik'. Tapi adanya kasus tersebut dinilai bisa berdampak terhadap kepercayaan masyarakat.

"Selain itu Juliari juga menampar keras PDI Perjuangan dan Megawati yang kerap berteriak sebagai partainya wong cilik. Partai wong cilik korupsi dari jatah wong cilik," ujarnya.

Sementara itu, Hendri juga mengapresiasi kinerja KPK dalam mengungkap kasus korupsi dana bansos COVID-19. Apalagi kasus tersebut melibatkan menteri kabinet. Hal ini dinilai menjawab anggapan publik mengenai kurangnya taring KPK setelah adanya UU KPK baru.

"Pak Jokowi harus segera membersihkan oknum koruptor di Kabinetnya dan segera bangkit mengejar target pembangunan. Mestinya para Menteri Jokowi yang sudah terjerat KPK paham arti pernyataan Jokowi bahwa dirinya tanpa beban dan hukum harus diberlakukan sama tanpa tebang pilih," ujarnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Menteri Sosial Juliari Batubara sebagai tersangka kasus dugaan suap bantuan Corona. KPK menyebut total uang yang diduga diterima Juliari Batubara sebesar Rp 17 miliar.

Selanjutnya
Halaman
1 2