Gatot Nurmantyo Sebut TNI Seperti Era Orba, NasDem: Tak Ada Tanda-tanda

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 09:30 WIB
Din Syamsuddin dan Gatot Nurmantyo menghadiri deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jawa Barat, Senin (7/9/2020). Deklarasi dilaksanakan di sebuah rumah, Kota Bandung, Senin (7/9/2020).
Gatot Nurmantyo (Foto: Yudha Maulana)
Jakarta -

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menilai TNI yang sekarang terlihat seperti pada era Orde Baru atau Orba. Legislator NasDem menilai tidak ada tanda-tanda yang menunjukkan pendapat tersebut.

"Tidak ada tanda-tanda TNI akan kembali ke konsep Orde Baru," kata Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan, saat dihubungi, Sabtu (5/12/2020).

Farhan menyebut jika saat ini TNI berada di luar tugas kemilitieran, itu berbeda dengan yang terjadi saat orde baru. Dia menyebut pada massa orba sesuai dengan Dekrit Presiden 5 Juli 1959, TNI yang dulu bernama ABRI mengisi peran sosial dan politik hingga masuk ke sistem negara.

"Pada masa orde baru peran TNI adalah sebagai kekuatan sosial politik resmi yang disahkan oleh negara dan masuk ke sistem kenegaraan," ucapnya.

"Dimana ABRI masuk ke: MPRRI, Fraksi sendiri di DPRRI & Jalur ABRI khusus, disamping Birokrasi dan Golkar, utk jabatan publik sipil," lanjut dia.

Simak video 'Gatot Nurmantyo: TNI Terlihat Seperti Era Orde Baru':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2