JK Disebut di Balik Penangkapan Edhy Prabowo, KPK: Murni Proses Hukum

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 09:01 WIB
Ali Fikri
Ali Fikri (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

KPK membantah rekaman video yang berisi suara calon Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menyebut Jusuf Kalla sebagai aktor di balik penangkapan mantan Menteri KKP Edhy Prabowo. KPK menegaskan penangkapan terhadap Edhy Prabowo murni proses hukum.

"Kami tegaskan penyidikan yang dilakukan KPK adalah murni proses hukum yang didasarkan pada alat bukti dan tidak ada kaitan dengan hal lain di luar penegakan hukum," kata juru bicara KPK Ali Fikri saat dihubungi, Sabtu (5/12/2020).

Ali mengatakan upaya berbagai pihak untuk menarik KPK ke pusaran politik bukanlah hal baru. Namun dia kembali memastikan pihak yang dipanggil oleh KPK adalah yang terlibat dengan perkara.

"Upaya untuk menarik KPK dalam pusaran politik bukan hal baru dan kerap dilakukan oleh pihak-pihak yang berusaha mengaburkan atau mengambil kesempatan. Kami memastikan siapapun yang kami panggil dalam pemeriksaan adalah pihak-pihak yang diduga mengetahui rangkaian peristiwa perkara dengan tujuan untuk membuat terang perkara," ucapnya.

Ali juga menyebut pihaknya tidak akan terpengaruh upaya politik tersebut. Dia pun meminta masyarakat turut mengawasi kinerja KPK.

"KPK tidak akan terpengaruh dengan upaya-upaya tersebut dan akan tetap bekerja pada koridor penegakan hukum. Kami mengajak masyarakat untuk mengawasi setiap prosesnya," ujar Ali.

Tonton video 'Rekaman Danny Pomanto Sebut JK di Balik Penangkapan Edhy Prabowo':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2