Legislator PKB Bantah TNI Seperti Era Orba: Gatot Nurmantyo Berlebihan

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 06 Des 2020 07:52 WIB
Abdul Kadir Karding
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menyebut TNI saat ini terlihat seperti pada era Orde Baru (Orba). Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PKB Abdul Kadir Karding tidak sependapat.

"Jadi saya kira posisi dan sikap serta langkah TNI akhir akhir ini dan di massa reformasi ini masih TNI yang reformis, TNI yang berada pada jalur konstitusi maupun aturan hukum yang ada," kata Karding saat dihubungi, Sabtu (5/12/2020).

Karding menyebut bahkan ini tergambar dari tindakan TNI yang dipimpin oleh Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman ketika menurunkan baliho-baliho Habib Rizieq Syihab. Dia menyebut Gatot terlalu berlebihan dan tidak proporsional jika menilai TNI saat ini seperti Orde Baru.

"Jadi masih diatur dan ada aturannya dalam UU, kalau kemudian ada dugaan anggapan Pak Gatot bahwa TNI seperti Orba, itu menurut saya terlalu berlebihan, terlalu tidak proporsional, kasihan TNI yang selama ini sudah mencoba membangun posisi mereka untuk posisi pada TNI yang profesional, saya kira kasihan mereka dengan tuduhan ini," ucapnya.

Gatot disebut kecewa, simak selengkanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2