ICW Puji Pegawai KPK 7 OTT Selama 2020, Singgung Pimpinan Utamakan Pencegahan

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 20:53 WIB
Kurnia Ramadhana
Kurnia Ramadhana (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Indonesia Corruption Watch (ICW) mengapresiasi operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK sepanjang 2020. ICW menilai OTT itu sebagai upaya maksimal KPK di tengah kesulitan setelah adanya Undang-Undang (UU) KPK yang baru.

"ICW berpandangan tangkap tangan yang dilakukan oleh KPK pada sepanjang tahun 2020 ini merupakan upaya maksimal para pegawai di tengah kesulitan pasca-adanya UU KPK baru. Maka dari itu, ICW mengapresiasi komitmen dan kesungguhan dari para pegawai KPK," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangan yang diterima detikcom, Minggu (5/12/2020).

ICW kemudian menyoroti adanya Dewan Pengawas KPK. Selain itu, ICW menilai sebagian besar pimpinan KPK tidak memberikan perhatian lebih pada upaya penindakan.

"Sebab, sudah terang benderang bahwa proses penindakan di KPK menjadi sangat birokratis dan lambat karena adanya Dewan Pengawas. Selain itu, bukti nyata bahwa rangkaian tangkap tangan ini adalah kinerja dari para pegawai dikarenakan sejak awal sebagian besar pimpinan KPK tidak menaruh perhatian lebih pada aspek penindakan," kata dia.

ICW menilai mayoritas pimpinan KPK saat ini fokus pada tindakan pencegahan. Dia juga melampirkan pernyataan dari beberapa pimpinan KPK itu.

"Sebagaimana diketahui bersama, mayoritas pimpinan KPK periode 2019-2023 lebih menitikberatkan pada sektor pencegahan saja, dan bahkan juga melancarkan kritik terkait tangkap tangan. ICW mengumpulkan pernyataan dari beberapa pimpinan yang menyoal tentang tangkap tangan KPK. Berikut di antaranya," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2