Kapolda NTB Minta Mahasiswa Kontribusi dengan Bantu Jaga Keamanan

Angga Laraspati - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 18:17 WIB
Polda NTB
Foto: Polda NTB
Jakarta -

Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal mengatakan NKRI dibentuk dengan gotong royong tanpa melihat siapa yang paling besar kontribusinya. Ia juga mengatakan Bung Karno memilih Pancasila sebagai dasar Negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai Semboyan NKRI.

Hal tersebut ia katakan saat menjadi narasumber PKC PMII Regional Bali pada acara Musyawarah Pimpinan Daerah Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC PMII) Region Bali Nusa Tenggara dengan tema "Formulasi Kaderisasi Satu Barisan Satu Cita" di Aula Wisma Nusantara, Mataram, Jumat (4/12) kemarin.

Menurut pandangannya sebagai Kapolda NTB, Iqbal mengatakan seluruh kementerian, lembaga dan entitas apapun jika ingin survive dan ingin dihargai oleh masyarakat harus berorientasi kepada kepentingan publik.

Ia juga mengatakan institusi Polri yang cerdas yang memahami konstelasi konsep negara demokrasi, hadir sebagai pelayan pengayom dan pelindung masyarakatnya.

"Saya berharap kepada semua adik-adik mahasiswa untuk dapat membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sebagai bentuk kontribusi mahasiswa kepada NKRI," terang Mohammad Iqbal dalam keterangan tertulis, Sabtu (5/12/2020).

Ia juga menuturkan pada era globalisasi saat ini, teknologi informasi sedang merambat di seluruh kalangan. Karena terjadi revolusi di semua urusan, masyarakat harus mengelola informasi teknologi dengan baik agar negara tidak goyah karena media dapat mempengaruhi opini publik di kalangan masyarakat.

"Kita hidup di Negara yang penuh keberagaman suku, ras, maupun agama. Mari kita kelola dengan baik Negara yang kita cintai ini agar tidak ada perpecahan yang terjadi di NKRI ini. Mari kita pertahankan Negara kita yang beragam ini karena harapan Bangsa dan calon pimpinan Bangsa ada di tangan adik-adik semua," katanya.

Ia juga berharap musda ini dapat merekomendasikan poin-poin yang bertujuan untuk membangun Indonesia yang lebih maju dan dapat diakui dunia, serta melahirkan pola pikir yang strategis dan visioner yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Acara diakhiri dengan Penukaran cinderamata antara Kapolda NTB dengan Ketua PKC PMII Region Bali Nusra.

(mul/mpr)