Round-Up

Aneh tapi Nyata Calon Kepala Daerah Minus Miliaran Hartanya

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 07:45 WIB
Logo, ilustrasi, gedung Komisi Pembarantasan Korupsi (KPK)
Ilustrasi (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Sejatinya seorang calon kepala daerah harus memiliki harta atau uang untuk menjadi modal kampanyenya. Namun, aneh tapi nyata ada seorang calon wakil kepala daerah yang tidak memiliki harta bahkan minus alias punya utang. Siapa dia?

Dia adalah Indra Gunalan Calon Wakil Bupati Pemerintah Kabupaten Sijunjung. Hal itu diungkapkan oleh Deputi Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan.

Ada 12 nama yang terbukti memiliki harta minus, Indra menjadi yang tertinggi dengan harta Rp -3.550.090.050. Pahala mengungkapkan keheranannya ketika mengetahui ada calon wakil kepala daerah yang maju di Pilkada Serentak 2020, tetapi memiliki harta yang miskin.

"Tapi yang kita agak heran soal yang kita sebut dalam 'termiskin', karena yang paling miskin itu hartanya minus Rp 3,5 miliar, dengan utang juga ada di situ. Kita nggak ngerti sama sekali," kata Pahala saat jumpa pers di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (4/12/2020).

Pahala mengatakan pihaknya akan mengklarifikasi terkait kepemilikan harta minus itu yang bersangkutan. Namun hal itu akan dilakukannya jika calon wakil kepala daerah itu terpilih dalam pilkada serentak.

"Nanti kita kalau dia kepilih pasti kita klarifikasi, bagaimana bisa sih minus gitu," ungkapnya.

Bukan hanya itu, KPK juga menemukan calon kepala daerah yang akan maju yang memiliki harta hanya Rp 15 juta. Pahala pun heran dan mempertanyakan bagaimana calon kepala daerah itu melakukan kampanye.

"Atau Nabire hartanya cuma Rp 15 juta. Saya ngebayangin Nabire dari segi kampanyenya gimana ya Rp 15 juta. Jadi pilihannya dia nggak melaporkan benar atau tidak," ungkapnya.

Simak video 'Mahfud Md Sebut 92% Calon Kepala Daerah Dibiayai Cukong':

[Gambas:Video 20detik]



Siapa saja 12 nama yang diketahui minus harta, simak di halaman selanjutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2