Pemakaman Pasien COVID-19 di Sumedang Ditolak Kelurga

Muhamad Rizal - detikNews
Sabtu, 05 Des 2020 00:07 WIB
Pemakaman Pasien COVID-19 di Sumedang Ditolak Kelurga
Foto: Muhamad Rizal-detikcom
Jakarta -

Keluarga pasien di Sumedang tidak terima anggota keluarganya di makamkan secara protokol kesehatan. Berdasarkan hasil pemeriksaan pasien tersebut dinyatakan positif COVID-19.

Pasien laki-laki tersebut berinisial KO (58) asal Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Berdasarkan informasi yang dihimpun Detikcom, keluarga pasien sempat menolak hasil swab, sehingga pihak keluarga menolak proses pemulasaraan jenazah dengan protokol COVID-19.

Bahkan, keluarga pasien sempat bersitegang dengan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang. Akibatnya, Satgas COVID-19 dari unsur TNI/Polri dan Satpol PP bersiaga di area ruang pemulasaraan jenazah RSUD Sumedang.

Salah satu keluarga pasien, Setiawan Saputra (51) mengatakan pihaknya mendapatkan surat pernyataan dari rumah sakit bahwa keluarganya harus dimakamkan secara protokol kesehatan.

"Yang menolak kan anaknya, keponakan saya, informasi yang masuk ke saya rumah sakit menyodorkan surat pernyataan (pemakaman secara pemulasaraan COVID-19," kata Setiawan saat ditemui di RSUD Sumedang, Jumat (4/12/2020) malam.

Kata Setiawan, selama ini keluarganya tidak pernah memiliki riwat kontak dengan pasien positif COVID-19. Sehingga pihak keluarga menolak hasil swab.

Selanjutnya
Halaman
1 2