Cerita Menegangkan 4 Nelayan Sumut Selamat Usai 12 Jam Terapung di Laut

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 23:51 WIB
4 Nelayan Sumut Diselamatkan Usai 12 Jam Terapung di Laut
4 Nelayan Sumut Diselamatkan Usai 12 Jam Terapung di Laut (Foto: Agus/detikcom)
Banda Aceh -

Empat nelayan asal Pangkalan Brandan, Sumatera Utara (Sumut) diselamatkan kapal kargo yang berangkat dari Singapura menuju India. Keempatnya sempat terapung di laut selama 12 jam setelah kapal mereka tenggelam dihantam badai.

"Lokasi kami tenggelam di laut di atas Pangkalan Brandan. Itu sekitar 12 mil dari Malaysia," kata kapten kapal Sahrul saat ditemui, Jumat (4/12/2020).

Sahrul berkisah, dia bersama tiga temannya Muslim (48), Solihin Imannuddin (27) dan Sahyan berangkat melaut pada Rabu (2/12) sore. Keempatnya mencari ikan dengan menggunakan kapal ukuran 12 meter.

Baru beberapa jam berada di tengah laut, kapal mereka dihantam ombak setinggi sekitar dua meter. Seketika, kapal mereka tenggelam pada Kamis (3/12) sekitar pukul 05.00 WIB.

Keempat nelayan mencoba bertahan. Menjelang siang, mereka melihat Kapal MV Arsinoe melintas. Sahrul dan tiga nelayan lain melambai tangan meminta pertolongan.

"Tapi kapal itu awalnya terus berjalan. Kami akhirnya nekat berenang ke depan kapal. Mereka akhirnya berhenti," jelas Sahrul.

Kapal kargo berbendera Siprus itu menyelamatkan keempat nelayan. Mereka dievakuasi ke atas kapal.

"Kami diselamatkan sekitar jam 5 sore. Kalau tidak ada kapal itu, nggak tau lah nasib kami ini," ujar Sahrul.

Selanjutnya
Halaman
1 2