Viral Pengunjung Joget di Kafe Bone Langgar Prokes, Pemilik Dikenai Denda

Zulkipli Natsir - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 18:50 WIB
Tangkapan layar video viral muda-mudi di Bone, Sulsel joget dengan melanggar protokol kesehatan (dok. Istimewa).
Tangkapan layar video viral muda-mudi di Bone, Sulsel, joget dengan melanggar protokol kesehatan. (Foto: dok. Istimewa)
Bone -

Video viral menunjukkan sejumlah pengunjung kafe di Bone, Sulawesi Selatan, berjoget melanggar protokol kesehatan (prokes) berbuntut panjang. Pihak Satpol PP Kabupaten Bone memanggil dan memeriksa pemilik kafe yang disebut mengabaikan prokes tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kasi Pengawasan Penegakan Perda Satpol-PP Bone, Andi
Saharifuddin, mengatakan pemilik kafe telah dimintai keterangan dan diperiksa terkait pelanggaran protokol kesehatan pada Rabu (2/12/2020) lalu.

"Sudah kami panggil dan periksa kemarin," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (4/12).

Ia menyebut pemilik kafe ditanyakan sejumlah pertanyaan, termasuk mengenai Perbup 37 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegak Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pengendalian dan Pencegahan COVID-19. Saat itu, pemilik kafe mengaku sudah mengetahui aturan tersebut.

"Dalam BAP saya tanyakan kepada pemilik kafe apa telah mendapat sosialisasi Perbup 37 Tahun 2020. Dia pun mengaku telah mendapat sosialisasi," ungkapnya.

Tak hanya dipanggil, pemilik kafe juga dikenai sanksi administrasi berupa denda sesuai yang tertuang dalam Perbup 37 Tahun 2020 Pasal 8 ayat 2 huruf (d). Pemilik kafe wajib membayar denda admistratif bagi tempat usaha sebesar Rp 500 ribu.

"Kami berikan sanksi denda. Kita sudah koordinasi dengan Dinas Pendapatan Daerah untuk pembayarannya di lakukan ke bank," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2