Banjir Juga Terjadi di Deli Serdang-Binjai Sumut, Ribuan Warga Mengungsi

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 18:03 WIB
Warga mengungsi di lokasi banjir Tanjung Selamat, Medan (Datuk Haris-detikcom)
Foto: Warga mengungsi di lokasi banjir Tanjung Selamat, Medan (Datuk Haris-detikcom)
Medan -

Banjir terjadi di Medan setelah diguyur hujan deras semalaman. Selain Medan, banjir juga terjadi di Binjai dan Deli Serdang.

Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis, mengatakan banjir terjadi di wilayah sekitar Sungai Deli, Sungai Belawan, Sungai Babura dan Sungai Mencirim. Banjir menyebabkan belasan ribu warga mengungsi.

"Pengungsi di Kota Medan 3.000 orang. Pengungsi sementara di Kabupaten Deli Serdang terdiri dari 1.043 orang, Desa Tanjung Selamat 343 orang dan BPBD Provsu 700 orang pengungsi. Pengungsi di Kota Binjai terdiri dari 3.374 KK (kepala keluarga)," ujar Riadil, Jumat (4/12/2020).

Dia mengatakan ada lima orang yang tewas di Tanjung Selamat. Riadil mengatakan banjir di wilayah Deli Serdang dan Binjai mulai surut.

"Untuk permukiman Warga Kabupaten Deli Serdang saat ini air telah surut. Untuk di permukiman warga di Kota Binjai sudah mulai surut," ucapnya.

Riadil menyebut BPBD telah mendirikan dapur umum dan pos pengungsian di daerah Tanjung Selamat. Warga telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Akan menambah pos pengungsi di beberapa titik di sekitar korban bencana mengingat potensi hujan yang cukup tinggi," tuturnya.

(haf/haf)