Berkas Korupsi Tanah Kuburan Lengkap, KPK Panggil Wabup OKU

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 13:17 WIB
Wabup OKU Johan Anuar (dok IG Pemkab OKU)
Foto: Wabup OKU Johan Anuar (dok IG Pemkab OKU)
Palembang -

Berkas dugaan korupsi tanah kuburan Wakil Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Johan Anuar dinyatakan lengkap. Johan Anuar rencana dilimpahkan hari ini ke kejaksaan, namun batal karena kondisi kesehatan.

"Ini saya baru keluar dari KPK mewakili Pak JA. Memenuhi panggilan dari penyidik usai berkas Pak JA dinyatakan lengkap," terang kuasa hukum Johan Anuar, Titis Rachmawati kepada detikcom, Jumat (4/12/2020).

Dikatakan Titis, berkas Johan Anuar sudah dinyatakan lengkap sejak 2 Desember lalu. Hanya saja kuasa hukum dapat memenuhi panggilan penyidik pada hari ini.

"Berkas dinyatakan lengkap 2 Desember, kami diminta datang hari ini. Tetapi pak JA tidak bisa hadir karena kondisi kesehatan, kami diminta mewakili JA untuk datang ke KPK," kata Titis.

Dalam surat panggilan KPK, berkas dan Johan Anuar seharusnya dilimpahkan ke kejaksaan terkait kasus korupsi tanah kuburan hari ini. Namun Johan dan kuasa hukum meminta penundaan satu minggu ke depan.

"Harusnya hari ini dilimpahkan. Kami dari kuasa hukum mewakili klien minta agar ditunda menghadap, yakni 11 Desember," kata Titis.

Alasan lain, Johan Anuar disebut hari ini dijadwalkan tes COVID-19. Pertimbangan itulah yang membuat Johan Anuar tidak dapat hadir menghadap ke penyidik KPK.

Sebelumnya, KPK memastikan proses hukum tersangka korupsi tanah kuburan yang juga Wakil Bupati OKU Johan Anuar tetap akan diusut. Proses hukum disebut tidak akan tertunda meskipun Johan Anuar maju di Pilkada Serentak 2020 yang telah diprediksi sebagai calon tunggal bersama Kuryana Aziz.

"KPK tidak masuk wilayah proses politik karena bukan ranah KPK. Namun prinsipnya bahwa penanganan perkara oleh KPK tidak ditunda oleh karena ada Pilkada tersebut," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri.

Johan Anuar kembali maju sebagai bakal calon wakil bupati mendampingi Kuryana Aziz, yang merupakan bupati petahana. Bakal paslon ini bakal melaju ke Pilkada 2020 tanpa lawan alias calon tunggal.

Kuryana Aziz-Johan Anuar telah mendaftar ke KPU pada Jumat (4/9) dengan memborong dukungan dari 12 partai politik. Ke-12 partai itu adalah PKS, PBB, PAN, Golkar, PKPI, PPP, Gerindra, Demokrat, PKB, PDIP, NasDem, dan Hanura.

Simak video 'KPK Benarkan OTT Bupati Banggai Laut':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/aud)