Ustadz Maaher Ditangkap Gegara Hina Habib Luthfi, MUI: Jauhilah Cela-Mencela

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 08:15 WIB
Sekjen MUI Anwar Abbas.
Waketum MUI Anwar Abbas (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Soni Eranata alias Ustadz Maaher At-Thuwailibi, pemilik akun Twitter @ustadzmaaher_, ditangkap polisi terkait kasus ujaran kebencian kepada Habib Luthfi. Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyebut perbuatan menghina dan mencela ke sesama makhluk Tuhan melanggar ketentuan agama.

"Berhentilah, jauhilah cela-mencela, hina-menghina, merendah-merendahkan, karena itu melanggar ketentuan dari ajaran agama," ujar Anwar Abbas ketika dihubungi detikcom, Kamis (3/12/2020) malam.

Menurutnya, setiap ustaz harus paham pedoman dalam pergaulan yang sesuai dijabarkan dalam firman-firman Allah SWT.

"Janganlah kamu saling cela-mencela, karena boleh jadi orang yang dicela itu lebih baik dari kamu. Itu bisa kita kembangkan, janganlah kamu menghina orang lain, apalagi orang yang kamu hina itu lebih baik daripada kamu," imbuh Anwar.

Agama Islam, kata Anwar, sangat melarang perbuatan menghina sesama manusia. Anwar bercerita Nabi Muhammad SAW selama hidupnya mengajarkan untuk saling menyayangi.

"Barang siapa yang menghormati orang, dia akan dihormati. Jadi kalau ustaz ini ditangkap, ya itu berarti dia melanggar ketentuan dari ajaran agama dan melanggar ketentuan undang-undang atau yang berlaku di negara Indonesia," tutur Anwar.

Tonton video 'Cuitan 'Cantik-Jilbab' yang Bikin Ustaz Maaher Ditangkap':

[Gambas:Video 20detik]



Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2