Blak-blakan dr Sarbini Abdul Murad

Kisah Keajaiban Dokter Relawan MER-C di Medan Perang

- detikNews
Jumat, 04 Des 2020 07:01 WIB

Sosok dokter berperawakan jangkung dengan cambang dan kumis yang sebagian telah memutih itu mulai menjadi perhatian terkait kasus Habib Rizieq Shihab. Pangkalnya adalah uji swab yang dilakukan tim medis dari organisasi yang dipimpinnya, MER-C. Publik bertanya-tanya karena selama ini mengenal organisasi itu lebih banyak beraktivitas di daerah bencana atau konflik dan peperangan.

Selain itu, publik selama ini kadung mengenal MER-C identik dengan sosok dr Joserizal Jurnalis yang baru berpulang pada 20 Januari 2020. Sarbini Abdul Murad menyadari hal itu. Selama ini dirinya lebih banyak memainkan peran diplomasi, membangun lobi-lobi untuk membuka jalan bila relawan akan menunaikan misi kemanusiaan.

"Kalau melakukan misi ke Palestina, biasanya harus ke Mesir dulu. Saya antara lain Tim Advance yang melakukan kontak-kontak untuk membuka jalan," tutur lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Aceh, 1995 itu.

Sebelum dipercaya menjadi Ketua Presidium MER-C, dr Ben pernah bertugas sebagai relawan ke wilayah yang diterjang bencana alam seperti tsunami Aceh, gempa di Padang, Sumatera Barat, hingga gempa bumi di Iran (2004) dan Kashmir - Pakistan (2005).

Halaman

(ddg/jat)