Soal Kerumunan HRS di Petamburan, Polisi: Faktanya Ada Persiapan Tenda

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 22:32 WIB
Jemaah memadati acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Sabtu (14/11/2020). Mereka berkerumun tanpa menjaga jarak.
Kerumunan di acara Habib Rizieq Syihab di Petamburan. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Pihak kepolisian menduga Habib Rizieq Shihab mengundang massa yang menimbulkan kerumunan pada acara Maulid Nabi Muhammad SW dan pernikahan putrinya. Hal ini terbukti dari adanya persiapan tenda-tenda sebelum acara dilangsungkan.

"Iya faktanya kan ada persiapan, ada tendanya itu kan sebagai wujud persiapan. Kalau misalnya nggak dipasang tenda atau nggak ada acara apa-apa, masa iya orang masang-masang tenda?" kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

"Kira-kira tenda buat apaan? Ya iya... dalam rangka mempersiapkan itu kan," sambung Tubagus.

Pihak kepolisian memeriksa saksi-saksi terkait kasus ini. Salah satunya dari Puslabfor yang akan menganalisis terkait undangan acara yang tersebar di media sosial.

"(Keterangan yang diambil dari Puslabfor) banyak, adanya undangan-undangan di media sosial, ngambil yang sifatnya optik kan ada CCTV yang harus diambil," ucapnya.

Untuk diketahui, tenda-tenda terpasang di Jalan KS Tubun, Jakarta Pusat, menjelang acara maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Habib Rizieq pada Jumat (13/11) lalu. Tenda itu menutup satu lajur Jalan KS Tubun ke arah Tanah Abang.

"Iya (tenda untuk pernikahan anak Habib Rizieq)," ujar salah satu petugas, Abdul, saat ditemui di lokasi, Jumat (13/11).

Tenda tersebut terpasang di sekitar Jalan KS Tuban Raya arah Tanah Abang. Diperkirakan panjang tenda itu sekitar 300 meter.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2