Jalani Sidang Perdana, Jack Lapian Didakwa Cemarkan Nama Baik Pendiri Kaskus

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 18:31 WIB
Jack Boyd Lapian
Jack Boyd Lapian (detikcom)
Jakarta -

Jack Boyd Lapian menjalani sidang perdana kasus pencemaran nama baik selaku terdakwa dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel). Jack Lapian didakwa bersama-sama Titi Sumawijaya mencemarkan nama baik pendiri Kaskus Andrew Darwis.

Sidang digelar di Ruang Sidang V, PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (3/12/2020). Dakwaan dibacakan oleh jaksa Leo. Jack Lapian selaku Terdakwa I, sedangkan Titi selaku Terdakwa II.

Jack Boyd Lapian menjalani sidang perdana sebagai terdakwa pencemaran nama baik pendiri Kaskus, di PN Jaksel, Kamis (3/12/2020).Jack Boyd Lapian menjalani sidang perdana sebagai terdakwa pencemaran nama baik pendiri Kaskus. (Dwi Andayani/detikcom)

Jaksa mengatakan Jack Lapian secara bersama-sama telah sengaja menyampaikan informasi yang berisi penghinaan atau pencemaran nama baik. Dugaan pencemaran nama baik terhadap Andrew terjadi pada 16 September 2019.

"Terdakwa I dan Terdakwa II secara bersama-sama pada Senin 16 September 2019 sekira pukul 14.00 WIB, bertempat di depan pintu masuk gedung Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya," kata jaksa saat membacakan dakwaan.

"Yang melakukan, yang menyuruh melakukan dan yang turut serta melakukan perbuatan dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan, dan membuat dapat diaksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang memiliki penghinaan atau pencemaran nama baik," sambungnya.

Jaksa mengatakan hal ini bermula saat Jack Lapian mengirimkan pesan kepada Andrew Darwis. Selanjutnya, Jack Lapian disebut menyebarkan informasi kepada media terkait pelaporan yang dilakukan terhadap Andrew atas kasus penipuan.

"Terdakwa dua mengirimkan WA (WhatsApp) dengan menggunakan alat atau perangkat telepon kepada Andrew Darwis yang berbunyi, 'ini akan panjang, ruwet, dan bikin nama lo naik media minggu depan di online juga di media cetak, TV'," kata jaksa sambil membacakan pesan Jack Lapian kepada Andrew.

Selengkapnya baca di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2