Bawaslu Gelar Patroli Awasi Politik Uang Saat Masa Tenang Pilkada

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 03 Des 2020 13:35 WIB
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo hadiri Rakor Sentra Gakkumdu
Foto: dok. istimewa
Jakarta -

Pilkada 2020 akan memasuki masa tenang pada 6 Desember mendatang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyebut politik uang atau money politics sering kali terjadi di masa tenang sehingga pihaknya akan melakukan patroli.

"Memasuki masa tenang, bahwa potensi pelanggaran di masa tenang, money politics dan sebagainya, pengalaman-pengalaman itu banyak terjadi, kami melakukan upaya yang kami namakan patroli pengawasan anti politik uang," kata Ketua Bawaslu, Abhan, dalam rapat koordinasi Sentara Gakkumdu yang disiarkan melalui siaran YouTube Bawaslu RI, Kamis (3/12/2020).

Abhan mengatakan Bawaslu akan melakukan patroli itu bersama pihak kepolisian. Hal itu guna mencegah terjadinya pelanggaran pilkada, terutama politik uang.

"Dan tentu ini bisa bersama-sama dan jajaran kepolisian agar bisa menekan, agar tidak terjadi politik uang dan tentu pelanggaran-pelanggaran lainnya di masa tenang," tutur dia.

Pada masa tenang, kata Abhan semua aktivitas kampanye sudah dihentikan. Namun Abhan menyebut kampanye di media sosial masih menjadi tantangan.

"Karena pada prinsipnya ketika masa tenang tidak ada lagi kegiatan kampanye dalam bentuk apapun. Ini tentu menjadi tantangan kita soal bagaimana misalnya kampanye di media sosial, itu saya kira menjadi tantangan kita semua. Media sosial menjadi ruang untuk peserta pilkada untuk melakukan kegiatan kampanye, bahkan di tengah COVID ini kita dorong menggunakan media sosial bagian dari metode kampanye," tutur dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2